Edamame (Kedelai Jepang) Asal Jember....

Ini memang cerita lama...sekedar sharing aja pengalaman gw pada saat melakukan perjalan ke daerah dalam rangka pembuatan video profile suatu perusahaan pemerintah.....Awal tahun 2006 lalu gw melakukan perjalanan ke Jember untuk melihat pabrik pengolahan dan lahan perkebunan Edamame sejenis tanaman kedelai Jepang. Edamame ini merupakan kualitas unggulan dan bibitnya langsung di import dari Jepang dan pada saat panen packaging nya menggunakan material dari Jepang....bahkan Jepang juga mengirim para ahlinya untuk melihat dan menjaga . Bayangkan....ternyata ada wilayah di Indonesia yang bernama Jember di Jawa Timur memiliki kontur tanah dan tingkat kesuburan yang sangat cocok dan baik...menurut peneliti Jepang....untuk menanam Edamame tersebut sehingga memperoleh hasil dan kualitas yang maksimal. Para peneliti Jepang itu mengikuti perkembangan penanaman kedelai tersebut dari masa pemilihan benih, penanaman, penyiraman, cara panen, hingga sampe pengolahan dan packaging nya.

Bahkan masuk kedalam pabrik nya udah kaya masuk ke pabrik nuklir...kita harus menggunakan pakaian khusus, dan mencuci tangan dengan cairan pembersih khusus. Dan kacang Edamae yang sudah di panen harus disortir satu persatu...jadi kalo di kulitnya ada bintik hitam kecil aja harus disisihkan, itu masuk ke KW 2 alias kualitas grade 2.

Untuk kualitas 1 seluruh nya di eksport ke Jepang, sedangkan kualitas 2 dan 3 dipasarkan ke pasar lokal, Malaysia, Korea dan Singapura. Seluruhnya ini dikelola oleh perusahaan yang bernama MT 27 (Mitra Tani Dua Tujuh). MT27 dalam memproduksi dan menanam kedelai ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak kurang lebih 4000 tenaga kerja apa lagi saat panen, kebanyakan kaum wanita.

Gw sendiri udah coba kacang kedelai dan susu kedelainya waahhhhh emang kualitas nomor satunya ok banget.....eeehhh tapi jangan kebanyakan juga....ntar asam urat naik hehe....