Tanaman "Lidah Mertua"

Lo tau ga tanaman ini?? "Tanaman Lidah Mertua" (Sansevieria), tanaman ini gw ga tau kenapa namanya lidah mertua apa karena bentuk nya? Tp tanaman ini yg kita sering liat di pinggir jalan kaya tanaman ga ada artinya, ternyata setelah gw alami sendiri tanaman ini punya daya sedot bau atau lembab yg tinggi, ini terbukti dari kamar mandi gw jadi lebih fresh dan ga lembab tanpa kapur barus or pewangi lain nya. Dan gw juga taruh di dalam rumah biar lebih fresh aja. Dan gw pernah baca di dalah satu majalah tanaman, kalo tanaman ini juga di eksport ke jepang karena fungsinya yg sangat bermanfaat. Ga hanya di media tanah aja dia bisa tumbuh, lo kasih air di botol trus isi sama tanaman itu dia bisa tumbuh.

Menurut beberapa buku referensi, di Jepang tanaman ini biasanya digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.Tanaman ini jenisnya banyak sekali. Dapat dilihat di sini. (Jenis yang gw punya seperti yang dapat dilihat di foto).Warna umumnya yaitu kuning hijau. Perbanyakan tanaman ini biasanya melalui rhizome. Kemampuannya tumbuh di tempat dengan sedikit cahaya matahari dan air membuatnya cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan. Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang tumbuh memanjang ke atas (berukuran berkuran 50-75 cm) dan berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset (panjang 8 cm, lebar 3-6 cm). Kelompok panjang memiliki daun meruncing bak mata pedang sehingga dikenal pula sebagai tanaman pedang-pedangan.

Daun tumbuhan ini tebal dan banyak mengandung air (sukulen). Oleh karena itu, ia sangat tahan kekeringan. Tapi, dalam kondisi lembap atau basah, lidah mertua juga bisa tumbuh subur. Warna daunnya beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan ada juga yang berwarna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Demikian pula motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun sangat beraneka. Ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag. Daun tersebut tumbuh langsung dari rimpang akar di dalam tanah.
Keistimewaan lidah mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut. Lidah mertua mampu memberikan napas segar bagi ruangan di mana ia ditempatkan karena sepanjang hidupnya ia terus-menerus menyerap zat berbahaya di udara.

Jadi perbanyak lah tanaman ini di rumah lo terutama di tempat2 yang bau dan banyak binatang seperti kecoa dkk nya itu....selamat mencoba