Sanggar Anak Tangguh Indonesia

Saat gw mengirimkan SMS ucapan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan kepada rekan gw Bli Komang Adiartha gw dikasih info kalo dia sekarang aktif di Yayasan Anak Tangguh yang lebih akrab disapa Sanggar Anak Tangguh.

Yayasan Anak Tangguh ini didirikan pada tanggal 07-07-2007. Sanggar dibangun dengan semangat “gotong royong”. Pendirian sanggar, diawali oleh kegelisahan dan keprihatinan dalam mencermati situasi dan kondisi pendidikan formal yang ada saat ini, khususnya di pedesaan. Wujud gotong royong dan peran aktif warga dapat dilihat dari kontribusi mereka dalam pembangunan sanggar, ada yang menyumbang dana, tenaga, dan pikiran. Wujud kongkrit kontribusi dan inisiatif warga diwujudkan dalam sumbangan bamboo, bahkan ada yang menyumbang pohon kambojanya untuk penataan taman sebagai tempat anak-anak bermain, ada yang menyumbang buku, mainan anak, dan lain-lain.

Sanggar Anak Tangguh, bertujuan untuk merintis dan mengembangkan pendidikan berfilosofi Holistik di Indonesia, dengan menggunakan pendekatan pendekatan seni dan multi kultural. Metoda pendidikan dioptimalkan menggunakan alam dan lingkungan sekitar seperti Sawah (subak Kulidan), Sungai Wos (mulai dari tukad cengcengan, tukad batu kelet, tukad beji, tukad rarungan, tukad culikan, tukad tangkid dan sampai muara sungai Wos di pantai Ketewel, dan Pantai Ketewel, sebagai media belajar.

Wah pas gw liat kegiatan2 nya kaya nya asik banget nehhh kalo bisa ikut berkecimpung dikegiatan seperti ini....Semoga usaha dr Bli Komang Adhiartha ini bisa menciptakan anak2 Indonesia yang benar2 tangguh dan dapat di andalkan untuk dapat berkontribusi untuk negara ini yang sudah mengalammi krisis SDM untuk membuat negara ini menjadi lebih baik. Buat temen2 yang pengen tahu mengenai apa itu Sanggar Anak Tangguh bisa liat link nya di Suara Anak Tangguh Indonesia (sebelah kanan web saya)