Festival Singkawang 1: Persiapan Para Tatung

Sabtu (22/01) minggu lalu gw dapet ajakan dari teman bernama Gede Ananta untuk ikut hadir di acara FESTIVAL SINGKAWANG di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Awalnya gw males tp akhirnya gw pun datang ke acara itu. Dan bener, gw ga nyesel ke acara Festival Singkawang kemaren. Pertunjukan dan dekorasi yang disajikan cukup bagus dan menghibur. Acara festival itu diselenggarakan tepat di depan bekas Ged Antara di pinggir jalan Pasar Baru.

Bau hio (dupa) khas Tiong Hoa sudah sangat menyebar begitu gw sampai di tempat acara lampion-lampion berwarna merah pun sudah menghias jalanan sepanjang 500m tempat acara diselenggarakan. Panggung musik pun lagi cek sound band-band yang akan tampil. Band yang gw liat sih ada Bonita and The Hus Band, and Kelompok Musik Keroncong Batavia Mood. Perangkat penyambukan yang akan digunakaan untuk meyambut Tatung pun sudah digelar. Tatung itu adalah orang-orang yang dijadikan media perantara antara roh-roh dewa-dewa dan leluhur yang dipercaya oleh Suku Dayak maupun Tiong Hoa.

Wah semakin gw masuk ke dalam tempat acara semakin seru aja persiapan nya. Orang-orang yang akan jadi Tatung pun dihias menggunakan pakain khas, ada yang seperti panglima perang, ada yang seperti penari, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar