Manfaat Jukut Ares - Sayur Jantung Pisang

Nah ada yang pernah coba sayur jantung pisang?...kalo di daerah asal gw di Bali namanya Jukut Ares, sayur yang bahan dasar nya dari jantung pisang yang diulan jadi sayur seperti sayur asam dengan bumbu yang sangat "rame"hehe alias spicy...hmmm biasa nya pasangan nya masakan ini adalah ayam suir bawang, sate ikan, urab, dan aneka sambal yang dimakan pas makan siang dan ditemani minuman yang dingin dan segar hehehe....laper ga? gw aja yang nulis jadi laper nih hehe..

Nah sekedar sharing dari artikel di detik food, kataya jantung pisang ini bermnafaat untuk mencega penyakit stroke. Katanya jantung pisang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama. Penderita diabetes juga bisa makan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah).

Tidak semua jenis pisang memiliki jantung yang enak dimakan. Jantung pisang ambon rasanya agak pahit karena memiliki kadar tannin tinggi. Oleh karena itu, gunakan jantung dari pisang jenis pisang siam, kepok, dan klutuk (batu) yang memiliki kadar protein lebih tinggi dari pisang lainnya. Protein menghasilkan rasa gurih yang dapat mengalahkan rasa pahit dari tannin. Untuk rasa yang paling enak, pilihlah jantung pisang batu.

Sebelum diolah, bersihkan jantung pisang. Kupas kelopak luar jantung pisang yang berwarna merah sampai tinggal bagian dalamnya yang berwarna putih kemerahan. Setelah itu, belah dua, potong memanjang, iris-iris, cuci bersih, lalu rebus.

ada bocoran resep pembuatan jukut ares ini :

BAHAN :
a. Batang pohon pisang muda 1000 g
b. Balung itik/bebek/ayam 1,5 kg

BUMBU :
a. Bawang merah 75 g
b. Bawang putih 30 g
c. Kunir 5 g
d. Jahe 5 g
e. Laos 5 g
f. Kemiri 10 g
g. Cabai merah 15 g
h. Terasi 5 g
i. Asem 10 g
j. Daun sereh 10 g
k. Daun salam 2 lembar
l. Garam secukupnya
m. Minyak kelapa secukupnya

CARANYA MEMBUAT :
1. Batang pisang diiris tipis-tipis, kemudian ditambahkan minyak, garam dan asam terus diremas-remas sehingga lemas.
2. Bahan-bahan bumbu di haluskan dan ditumis.
3. Daging dan balung itik direbus sampai empuk kemudian dimasukkan batang pisang yang telah diiris tipis dan bumbu, terus direbus sampai matang.
4. Jukut arespun siap dihidangkan.