Hari Nusantara

Ada yang tau tentang Hari Nusantara?

Gw aja baru tau kalo ada Hari Nusantara hehe katanya sellu diperingati di tanggal 13 Desember...sejak kapan ada Hari Nusantara? Apa sih yang dimaksud dengan Nusantara? Mungkin dari kita juga banyak yang belum mengetahui apa yang dumaksud Nusantara yang menurut sejarah sudah aja sejak Jaman Majapahit.

Sebenernya konsep Nusantara adalah konsep tatanegara Jawa yang ada di abad ke-13 hingga ke-15, menurut Wikipedia Kerajaan Majapahit memberikan sutau contoh ketatanegaraan yang sangat baik di jalam nya. Pada saat itu "Negara" dibagi menjadi tiga bagian wilayah: Negara Agung, mancanegara, dan nusantara.

Negara Agung merupakan daerah sekeliling ibukota kerajaan tempat raja memerintah. Mancanegara adalah daerah-daerah di Pulau Jawa dan sekitar yang budayanya masih mirip dengan Negara Agung, tetapi sudah berada di "daerah perbatasan". Dilihat dari sudut pandang ini, Madura dan Bali adalah daerah "mancanegara". Lampung dan juga Palembang juga dianggap daerah "mancanegara". Nusantara adalah daerah di luar pengaruh budaya Jawa tetapi masih diklaim sebagai daerah taklukan: para penguasanya harus membayar upeti.

Gajah Mada menyatakan dalam Sumpah Palapa: Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukita palapa, sira Gajah Mada : Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Hujung Medini (Semenanjung),samana ingsun amukti palapa.

Terjamahannya adalah: "Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".

Kitab Negarakertagama mencantumkan wilayah-wilayah "Nusantara", yang pada masa sekarang dapat dikatakan mencakup sebagian besar wilayah modern Indonesia (Sumatra, Kalimantan, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi dan pulau-pulau di sekitarnya, sebagian Kepulauan Maluku, dan Papua Barat) ditambah wilayah Malaysia, Singapura, Brunei dan sebagian kecil Filipina bagian selatan. Secara morfologi, kata ini adalah kata majemuk yang diambil dari bahasa Jawa Kuna nusa ("pulau") dan antara (lain/seberang).

Nusantara di Masa Perjuangan
Indonesia dimasa modern dari tahun 1920an hingga 2011 ini mengalami evolusi tentang Nusantara. Pada tahun 1920-an, salah satu tokon nasional Ki Hajar Dewantara memperkenalkan nama nama "Nusantara" untuk menyebut wilayah Hindia Belanda. Pada saat nama "Indonesia" ditetapkan sebagai nama kebangsaan bagi negara independen pelanjut Hindia-Belanda pada Kongres Pemuda II (1928), istilah Nusantara tidak serta-merta surut penggunaannya. Justru dengan Sumpah Pemuda, kembali Nusantara direkatkan dengan pernyataan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.

Antara 1928-1945 masih terjadi pergolakan perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia, berbagai bentuk perjuangan dikobarkan diberbagai daerah. Surabaya, Aceh, Maluku, dll melakukan perlawanan terhadap penjajahan hingga akhirnya1945 rakyat Indonesia mendengungkan Kemerdekaan nya.

Nusantara Kembali Terancam
Pada era 1990an dan 2000an masa-masa orde baru hingga reformasi dan demokrasi arti Nusantara menurut gw sudah meulai terbengkalai. Secara sadar atau tidak Indonesia/Nusantara udah mulai terpecah belah dengan kepentingan politik dan golongan. Dirkriminasi agama mayoritas dan minoritas sering terjadi dimana-mana, daerah-daerah yang tidak terjamah pembangunan terutama daerah perbatasan, banyak nya daerah yang ingin otonomi khusus, adanya daerah yang melakukan gerakan untuk melepaskan diri dari NKRI, dan masih banyak hal-hal ketidakadilan antara pusat dan daerah yang sangat kontras perbedaan nya. Bahkan Timor Timur sudah berhasil memisahkan diri dari Indonesia, kita pun harus kembali kehilangan dua pulau yang di klaim oleh negara tetangga Sipadan dan Ligitan, ada nya gerakan RMS di Maluku dan isu kekerasan hingga gerakan Papua Merdeka di Irian Jaya.

Sempat dari diskusi yang ada di radio yang gw denger, ada pertanyaan "kenapa dalam pendidikan sejarang bangsa, kami hanya diwajibkan untuk melajar sejarah Jawa, padahal kami buka dr suku jawa juga punya sejarah yang harus nya kami pelajari untuk anak cucuk kami, kenapa itu tidak jd perhatian pemerintah untuk masih ke pedoman pendidikan nasional?"...Wah pertanyaan ini sontak membuat gw juga bertanya-tanya dan bingung, benar juga apa yang diungkapkan oleh pembicara tadi....

Sekarang media dipenuhi dengan berita korupsi, politik, perebutan jabatan, kecelakaan, bencana roboh nya jembatan, kinerja perusahaan, prestasi olah raga....tapi tidak satupun yang mmbahas mengenai Nusantara, justru pihak swasta yang banyak mengusung tema Nusantara pada program marketing maupu program promosi nya...contoh: iklan mie instant atau muniman penyegar yang mengusung kekayaan Nusantara....

Kapan pemerintah kita akan peduli dengan Nusantara...???