Internasional Cultural Event

Nah Sabtu kemaren (10/12) gw dengan teman saya datang ke Pura Aditya Jaya dalam rangka sembahyang Hari Raya Purnama. Setiap Bulan Purnama setiap umat Hindu melakukan persembahyangan baik itu du Pura maupun di rumah nya masing-masing. Pas juga ada gerhana bulan total saat itu, sayang nya tertutup mendung dan hujan. Temen-temen di Pura PAJ, biasa disingkatnya, mengadakan acara festival budaya internasional. Acara yang menampilkan budaya dari Indonesia dan dari berbagai negara antara lain Jepang, Spanyol, India dan Brazil.

Selain penampilan budaya, ada juga booth yang menghadirkan makanan khas, salah satunya boot penjual martabak khas India, ini booth yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung...mungkin pas laper kali yah hehehe. Dengan tiket seharga Rp 25,000 pengunjung sudah dapat masuk ke acara ini. Selain warga Pura PAJ, banyak juga masyarakat umum yang datang ke acara ini dan dengan antusias memberikan penghargaan bagi para performance dr berbagai negara tersebut.

Dari Indonesia ditampilkan tarian yang berasal dr Papua (Irian Jaya) dan Bali, selain itu ada juga penampilan dari adik-adik dari orkestra UI yang membawa alunan orkestra yang unik, salah satunya lagu "Doraemon". Sodara-sodara kita dari Papua menyajikan tarian seperti opera yang memperliatkan penderitaan orang-orang papua saat ini. Tarian tradisional dengan alunan musik tradisional dan disertai narasi dan puisi tentang kehidupan rakyat Papua saat ini.

Sayang nya gw ga bisa nonton sampe habis acara ini karena hujan dan ga ada tempat berteduh nya hehe....jadi gw pulang pas malam nya ga sempat liat performance lain nya. Semoga acara2 yang seperti ini bisa lebih banyak lagi diadakan...