Mau Jadi Vegetarian, Pikirin Dulu Deh...

hhmmm gw berpikir orang yang vegetarian itu tadi sehat dan banyak sabar nya hehe....ternyata dr beberapa refensi dan kenyataan nya ada risiko nya juga. Ada pro dan kontra mengenai menjadi vegetarian. Mungkin ada beberapa teman disini yang vegie (panggilan akrab nya)...nah buat yang yang vegie dan pola hidup nya baik-baik saja atau malah memberikan perubahan yang baik buat hidup nya....itu bagus....tapi mesti diinget bahwa ga semua orang cocok untuk jadi vegie...menurut gw setiap orang punya sistem sendiri-sendiri di badan nya.

Banyak alasan yang pake untuk menjadi seorang vegetarian, antara lain karena agama, kebiasaan keluarga, karena pasangan hehe, karena trauma tertentu yang behubungan dengan hewan, atau lain nya. Kalo di dunia, vegetarian ini dimulai sejak beribu-ribu tahun sebelum masehi, seperti China dan India. Dinegara-negara ini lah ada awalnya kebiasaan vegetarian karena alasan agama. ada tiga jenis vegetarian : tipe vegan, sama sekali tidak mengkonsumsi makanan yang berbahan hewan atau produk olahan nya seperti susu, telur, keju sampe ke baso...bahkan ke krupuk ikan pun ga kali yah hehe...yang tipe kedua lakto vegetarian, vegetarian yang masih mengkonsumsi susu...dan tipe yang ketiga lakto-ovo-vegetarian, vegetarian yang masih konsumsi susu dan telur.

Nah buat yang mau memutuskan menjadi seorang vegetarian ....sekarang kita liat risiko nya vegetarian [sumber : fitness for men edisi Oktober 2011] : bisa mengalami kekurangan beberapa unsur zat gizi karena ada zat gizi yang terdapat di hewan seperti vit B12, seng, besi, kalsium. Vit B12 banyak didapat di hati, telu, susu dan produk olahan nya. Unsur ini sangat penting bagi tubuh untuk pembentukan sel darah merah, jadi kalo kekurangan zat ini dan mengakibat kekurangan sel darah merah bisa mengakibatkan anemia. Seng ada di telur, hati, kerang, dan fungsi nya sebagai enzim untuk proses metabolisme tubuh. zat besi ada di daging sapi, kambing, kerang, hati dan telur, yang berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah.

Memang sih ada yang beranggapan bahwa makan daging hewan tertentu bisa sangat berpengaruh pada kesehatan dan menimbulkan banyak penyakit seperti kolesterol, jantung, darah tinggi, dll. Tapi dengan catatan kalo berlebihan iya...pastinya. Seseatu kalo berlebihan pasti ga bagus buat kesehatan......[kebanyakan cinta juga ga bagus buat kesehatan lho hehehehee...lhooo???]...maap menyimpang pembahasan nya hehe...

Buat gw sih mendingan makan yang balance aja deh....kalo gw memang ada beberapa daging yang udah ga gw makan, kaya sapi dan kambing....yang lain nya masih makan, terutama ikan dan ayam....daging putih deh pokok nya....telur dikurangi....banyakin sayuran dan buah aja.....

Resolusi diet 2012 mendatang salah satu upaya gw untuk mengurangi berat badan adalah kurangi nasi....mencoba lebih suka oatmeal....dan pola olah raga yang lebih rutin dan sering lagi...