Senangnya Dikunjungi Suku Baduy Dalam

Senang nya gw dapat bertemu dan dikenalkan oleh sahabt saya dengan sodara2ku dari Suku Baduy Dalam...yang telah berjalan selama 3 hari dari Banten menuju Jakarta TANPA ALAS KAKI. Katanya kalo Suku Baduy Dalam secara adat dilarang menumpang kendaraan, kaki adalah satu2 nya alat utama mereka dalam melakukan perjalanan yang sangat jauh...hebaatt!!

Mereka membawa dan mejajakan kain sarung dan berbagai macam kerajinan tangan lain nya di buat khusus (hand made), ada sarung, aneka kain, dll. Akhirnya gw putuskan untuk membeli satu sarung yang menurut gw keren....harga ga jadi masalah dibanding dengan pengorbanan mereka untuk sampai ke Jakarta untuk mencari sedikit uang. Rombongan yang terdirri dari Bapak, dan dua anak akak beradik membuat gw semakin semangat menjalani hari ini....

Dengan segala keyakinan, keterbatasan, pengorbanan, integritas, kesetiaan dan pengamalan budaya yang luhur menjadi syarat utama bagi mereka dalam menjalankan hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar