Jalan2Kuliner: Pindang dan Pepes Ikan Belida Lampung

Haloo kawan…salam kuliner!!…..Dua minggu lalu gw sama teman2 melakukan perjalanan ke Lampung, perjalanan kali ini sebenar nya adalah misi kemanusiaan untuk memberikan donasi kepada warga di Desa Napal, yang beberapa waktu lalu mengalami kerusuhan sosial. Tapi gw ga bahas mengenai itu, gw akan bahas mengenai wisata kuliner unil yang gw sempat singgahi dan menyicipi nya. Lampung terkenal dengan makanan kecil yang berbahan baku ikan dan pisang.

Karena pengaruh dekan dengan Palembang mungkin ya, yang terkenal pempek nya. Akhirya gw dapet info, kalo di lampung ada rumah makan yang khusus menyediakan menu makanan pindang. Nama nya rumah makan “RASA PALEMBANG” yang menu special nya adalah ikan sungai. Menu yang hits disini adalah pindang dan pepes ikan belida. Ikan belida adalah nama beken nya ikan patin disini. Untuk menuju lokasi rumah makan ini bisa ditempuh selama 30 menit dari kota.

Karena Lampung bukan kota macet keliatan nya sebentar yah hehe…tp 30 menit itu ternyata bisa menempuha jarak cukup jauh lho hehe…ancer-ancer yang bisa gw kasih tau lo lewatin Novotel dari sana sekitar 3km lagi ada pertigaan semacam pasar, nanti lo belok kanan, nah 200 meter dari pertigaan itu sebelah kiri ada resto ini. Akhir nya pk 13.30 gw sampe dengan berbekal rasa lapar dan penasaran, begitu kita sampai terlihat dari luar restom penuh sekali, parkiran nya juga penuh, jd kita parkir agak jauh. Begitu kita masuk, bener aja, ternyata penuh, tapi ga lama ada meja yang sudah selesai. langsung gw ambil alih tempat itu dan langsung dilayani oleh seorang bapak yang tidak menggunakan seragam seperti pegawai resto lain nya. Ternyata bapak itu yang punya, namanya: Hi. Cekmat. AR. Pak Cekmat, langsung mempersilahkan kita duduk yang menanyakan pesana kita dengan cekatan. Ya gw tanya aja “apa yang special disini pak”….”ada pindang belida dan pepes belida…dan udang satang besar pak” jawab Pak Cekmat….spontan langsung gw bilang “OK pak, langsung aja pak, semua keluarin” jawab gw sambil tersenyum lapar hehe…ga sampe 10 menit makanan pun keluar, diawali oleh lalapan…”hah lalapan” hehe gw kira cuma di resto sunda aja ada lalapan, begitu gw liat menu lalapan nya, ternyata banyak sekali dedaunan dan bahan yang gw baru tau kalo bisa di makan dan enak, salah satu nya daun jambu muda, dan ada satu lagi yang gw suka, tapi gw lupa nanya namanya apa….semacam jahe putih tapi enak sekali rasanya.

 Dan akhirnya yang ditunggu-tunggu pun datang, sup pindang ikan belida, pepes ikan belida dan udang satang besar lengkap dengan aneka sambal….waahhhhhhhhh enak bener nih…buru2 gw cuci tangan, minum nya jangan lupa jus jeruk dingin hahaha T.O.P dah pokoknya… Yang pertama gw coba adalah pindang ikan belida, yang dipake pindang nya adalah bagian kepala atau kita bisa milih bagian ekor juga bisa. wah rasa kuah nya sangat segar, manis asem pedas dan harum jadi satu, dan panas nya juga pas. gw yakin ini masak nya ga pas hari ini, ini pasti lewat proses yang lama biar bumbu nya meresap.

Giliran daging nya gw coba….hhmmm waahhh pas banget masak nya, empuk dan manis…lembut banget dan rasa bumbu nya sangat menyerap….wahhhhh langsung gw sikatttt dengan nasi yang masih ngebul (panas baru mateng) + cocolan sambel mangga dan terasi wuaahh mantaafff….abis itu jangan lupa pesen jus yang seger2 dingin ya… Untuk harga, makan sebanyak itu bertiga cuma habis Rp 250,000 an lah… Kalo lo mau melakukan perjalanan darat menuju Palembang atau jalan lintas, pasti akan lewatin tempat ini....resto dan makanan sangat gw rekomen deh..

Rumah Makan Rasa Palembang (special ikan sungai) Hi. Cekmat.AR hp nya 08127903266 Rumah makan: Jl. Bahari no 29. Telp 0721 31747