Jalan2Tokoh: Simpati Untuk Pak Raden

Beberapa lalu saya dihubungi oleh teman saya yang aktif melakukan kegiatan sosial yang bertema seni, sastra dan budaya Mas Khrisna Pabichara melalui akun twiter nya @1bichara…dia ajak gw untuk ikut acara ngamen nya Pak Raden di rumah beliah di di Jalan Petamburan 3 No 27, Slipi, Jakarta Pusat, Sabtu (14/4/2012) lalu. Sayang saat itu gw ga bisa datang, padahal pengen banget dateng untuk bersiimpati untuk sahabat kecil saya dulu Pak Raden.

Terakhir saya liat Pak Raden di acara Kompas pertemuan 3 akun twiter sastra di Bentara Budaya Jakarta. Memang kondisi beliau tidak terlalu sehat karena mengalami encok yang seperti nya cukup akut. Pak Raden yang nama asli nya Drs Suyadi ini sedang dalam masa-masa yang sulit terutama untuk kehidupan sehari-hari nya, padahal banyak yang menggunakan hasil karya nya untuk kepentiangan komersial tapi beliau tidak mendapatkan royalti sama sekali. Saat ini Pak Raden sedang berjuang untuk memperoleh hak nya sebagai pencipta “si unyil”dan karya lain nya.

Pria kelahiran Jember 28 November 1932 itu ternyata masih banya penggemar nya yah…selama gw liat TL di twiter banyak sekali simpati yang datang untuk membantu Pak Raden dengan ikhlas…rencananya Pak Raden akan memerkan ke-60 karya itu di Galeri Nasional, dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 23 Juli 2012.

Semoga upaya Pak Raden bisa berjalan dengan lancar dan dapat berbahagia dimasa tua nya…kita yang sempat mengalami masa-masa Pak Raden bisa ikut partisipasi nya dengan membeli hasil karya beliau…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar