Jalan2Kuliner: Mencoba Menu Khas Resto Tinoor (1)

Di hari ke dua gw berkeliling kota Manado dari pagi hingga siang untuk survey beberapa tempat untuk penyelenggaraan acara tahunan di bulan November mendatang. Di Jakarta gw selalu mendengar kalo di Manado ini ada menu-menu masakan dengan bahan baku yang ga biasa hehe alias aneh...seperti daging anjing dan kelelawar alias kalong bahasa inggris nya bats. Gw sanga penasaran dengan menu kelelawar, kalo anjing udah pernah gw coba rasa nya ya seperti daging biasa...nah yang keleawar ini gw pengen coba...hehe

Akhirnya gw minta Tinus driver kita untuk mengunjungi resto yang menyediakan masakan yang aneh-aneh ini...Tinus pun menyarankan gw dan teman2 ke Resto Tinoor Jaya yang terletak di Jalan Raya Mando Tomohon. Jarak dari kota Manado ke tempat ini kurang lebih 30 menit- 45 menit...lumayan agak jauh dan jalan menuju kesana hampir mirip jalan kalo mau dr Denpasar ke Singaraja via Bedugul...lumayan belok-belok. Dan pemandangan nya cukup bagus kaya dari puncak melihat kota Bogor. Jadi dari jalan ini kelihatan kota Manado...lumayan tinggi juga ya...

Nasi Bungkus
Akhirya gw sampai lah di Rseto Tinoor Jaya, hhmmm resto ini mirip resto Rindu Alam di Puncak cuma lebih kecil dengan view hutan cengkeh dan bambu, dan kita bisa liat juga kota Manado dari resto ini. Wah suasana angin sepoi-sepoi dari jendela resto ini bikin gw tambah laparrrr...haha. Saat kita duduk langsung kita minta pelayan untuk menyediakan makanan apa saja yang dihidangkan, ternyata bisa kaya resto padang, semua dikeluarkan tinggal pilih langsung mana yang mau dimakan....wahhh gw bilang aja semua keluarin aja, kita coba satu2 hehe....terutama yang aneh-aneh.

Ok menu pertama yang jeluar adalah NASI BUNGKUS...hah nasi bungkus? iya nasi bungkus...ala Manado. Nasih yang di bungkus oleh daun elusan, bentuk nya hampir sama seperti daun tembakau. Begitu dibuka ternyata nasi nya berbentuk seperti lontong cuma pipih kaya pepes ikan dan nasi bungkus ini wangi sekali. mungkin dari daun nya, karena nasi ini di kukus dulu sebelum disajikan. Saking pipih nya nasi bungkus ini, oleh pelayan resto langsung dikeluarkann 10 bungkus haha...
(bersambung....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar