Jalan2Kuliner: Mencoba Menu Khas Resto Tinoor (2)

Paniki (Daging Kelelawar/Bats meat)
Brenebon (Sup Kacang Merah)
Menu kedua yang keluar adalah makanan yang gw tunggu-tunggu yaitu PANIKI, ini lah gulai kelelawar itu wahhh bentuk penyajian nya yang cukup unik hadir di hadapan gw haha...wahh aroma kuah nya sedep bener...kalo diliat bentuk nya sih bakal agak ada rasa pedas-pedas asem gitu...ga sabar gw untuk comot dikit daging nya..gw sempat tanya sama Tinus driver kita, gimana mereka cara memburu keleawar agar mau di tangkap, katanya pemburu nya bermodal kan jaring dan pluit yang bunyi nya nyaring seperti bunyi kelelawar...Gw comot lah satu daging Paniki ini, wah rasa nya khas banget daging nya kaya daging ikan, dan banyak rongga2 tulang nya, trus ada sayap nya juga rasa nya kaya makan kulit ayam....kata Tinus daging kelelawar bagus buat daya tahan tubuh...waahhh enak ternyata...

Sate Dada Ayam Bakar
Nah menu ketiga lain nya adalah BRENEBON, haha keren ya namanya...ini kata lain dari menu sup kacang merah yang sedep dan seger banget...isi nya tentu ada kacang merah yang empuk, campuran daun bawang, bawang goreng dan yang paling enak nya ada potongan balung (tulang) sapi nya dan disantap panas-panas...hhmmm mantaffff joooo...

Menu yang lain nya standar kaya menu porky kecap dan porky hutan.....hehehe beda nya kalo porky hutan daging nya lebih alot kaya daging sapi, kalo porky kecap lebih empuk dan manis....sayuran nya kita pesan kangkung, cuma kangkung nya dicampur dengan bunga pepaya jd ada rasa pahit-pahit nya tapi enak jo...and sedikit tips kalo makan berat :
  1. kalo makan siang makanan nya berat-berat, minum jangan yang dingin-dingin, untuk bantu melancarkan pencernaan minum nya teh tawar hangat ya
  2. udah gitu makan nya jangan cepat2. nikmati makanan nya 
  3. jangan banyak makan nasi, nikmati lauk2 nya biar puas
  4. abis makan jangan banyak duduk, banyakin jalan biar makanan ga mengantong di lambung dan usus
  5. jangan sampai kekenyangan banget, sisakan ruangan untuk masuk buah
  6. kalo ga di balik buah dulu baru makan
Inilah cerita seputar perjalanan kuliner saya di Manado, emang ga banyak sih karena waktu nya juga mempet, kalo full liburan bisa lebih banyak tempat yang bisa dikunjungi....

Sampai ketemu di pembahasan wisata kuliner lain nya...