Jalan2Event: Ini Dia Cerpen Pilihan Kompas 2011

Para Tokoh seni, budaya, dan kesusastraan yang tampil di acara Anugerah Cerpen Pilihan KOMPAS 2011
Beberapa waktu lalu gw berkunjung ke kantor redaksi KOMPAS dikawasan Palmerah untuk menghadiri acara "Kamisan", acara internal para karyawan dan awak media KOMPAS yang menghadirkan beberapa pembicara untuk diskusi beberapa topik ringan dan menarik, gw sempatkan menghampiri sahabat saya Bli Putu Fajar Archana (Editor Kompas Minggu) yang sedang sibuk melakukan pekerjaan nya....saat itu lah sahabat saya ini menyampaikan undangan acara "Peluncuran Antalogi Cerpen Pilihan KOMPAS 2011 & Pembukaan Pameran Ilustrasi Cerpen 2011"...wahh ini dia acara yang gw tunggu-tunggu sebagai penikmat seni dan sastra.

Akhirnya dalam rangkaian HUT KOMPAS ke 47, malam Penghargaan Cerpen Kompas 2011 pun digelar hari Kamis(28/6) malam, di Bentara Budaya Jakarta. Acara yang telah menjadi "adat istiadat" KOMPAS selama 20 tahun, akhir nya KOMPAS menetapkan Yanusa Nugroho dengan karya "Shalawat Dedaunan" dan Agus Noor dengan karya "Kunang-kunang di Langit Jakarta" terpilih menjadi Cerita Pendek Terbaik KOMPAS 2011. Dari ribuan cerpen yang masuk, KOMPAS memilih 22 finalis untuk nominasi penulis cerpen terbaik.

Selain "Shalawat Dedaunan"dan "Kunang-kunang di Langit Jakarta" ada beberapa karya cerpen lain yang mnjadi nominasi adalah "Ibu Pulang" karya Dewi Ria Utari, "Kak Ros"  oleh Gus tf Sakai, "Perempuan Tua dalam Kepala" karya Avianti Armand, dan "Kain Perca karya Adrei Aksana...Ada juga tokoh penulis sejak tahun 1970an Sori Siregar mendapatkan penghargaan Kesetiaan Berkarya.

Gw yakin dan percaya dengan pemikiran seni, budaya, dan kesusastraan adalah jiwa dan roh sebuah bangsa, sebagai jatidiri dan kualitas suatu bangsa...seandainya semua orang di Indonesia yang punya kepedulian terhadap perkembangan seni, budaya, dan kesusastraan jiwa dan roh bangsa ini ga akan separah saat ini. Semoga seni, budaya, dan kesusastraan Indonesia bisa terus disuarakan oleh media-media di Indonesia.

Selamat berkarya para satrawan dan budayan Indonesia....