Jalan2Komunitas: Inisiatif Pura Hijau Pemuda Hindu

Ini dia salah satu kegiatan positif sekelompok pemuda Hindu yang menamakan aksi nya INI PUJA (Inisiatif Pura Hijau) yang diresmikan peluncuran nya hari Minggu lalu di Pura Segara Cilincing, Jakarta Utara bersamaan dengan perayaan Hari Lingkungan Hidup sedunia. Sebagai bentuk kepedulian dan komitmen pemuda dalam pelestarian lingkungan dilingkungan Pura sebagai tempat ibadah Umat Hindu, Pemuda Hindu yang tergabung dalam Peradah Indonesia (Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia) dan KPSHD Jakarta Utara menggalang aksi bersama peduli lingkungan hidup dengan menghijaukan lingkungan sekitar Pura Segara Cilincing. Kenapa Pura Segara Cilincing? Daerah sekitar Pura Segara (laut) ini selain tempat ibadah umat Hindu ada juga areal pemukiman penduduk nelayan yang kurang terawat dan kondisi celuk pantai yang banyak sampah. Oleh karena itu lingkungan disekitar Pura (diluar kompleks) masih banyak spot dan kondisi yang perlu mendapatkan perhatian terutama dari sisi kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Ada tiga pilar utama INIPUJA : Ekologi (Ecology), Edukasi (education), dan Ekonomi (economy). Tiga pilar inilah yang akan menjadi fokus aksi ini. Pilar Ekologi, aksi ini sudah tentu akan berdampak pada ekologi lingkungan hidup sekitar Pura, dari aksi pemilihan tanaman, penataan, penanaman hingga pembudidayaan. Pilat Edukasi, adalah upaya INIPUJA untuk memberikan ilmu pengetahuan bagaimana dan apa mengelola tanaman. Sedangkan pilar Ekonomi adalah bagaimana aksi INIPUJA ini bisa memiliki dampat ekonomi bagi para pemuda disekitar Pura mereka.Pada aksi pertama ini INIPUJA menggandeng Forum Hindu Telkomsel dan disponsori oleh Telkomsel Indonesia uuntuk mewujudkan aksi “Inisiatif Pura Hijau (INI PUJA)”. Agar aksi ini bisa menjalan dengan baik dan memperoleh infornasi yang lebih baik, maka INIPUJA menggandeng beberapa lembaga dan komunitas yang aktif dalam pelestarian lingkungan hidup, seperti : Pemuda Hindu IPB Bogor, WWF Indonesia, Akademi Berkebun, serta Komunitas Lantan Bentala.


Dalam aksi awal ini, Program INI PUJA menanam sekitar 100 tanaman, yang terdiri dari jenis bambu-bambuan, pandan-pandanan serta beberapa jenis tanaman berbunga. Berikut profile komunitas yang berpartisipasi:

WWF-Indonesia: merupakan bagian independen dari jaringan dari WWF dan afiliasinya, organisasi pelestarian global yang bekerja di 100 negara di dunia.

Indonesia Berkebun adalah jejaring komunitas yang bertujuan untuk menciptakan lahan hijau yang produktif di kawasan perkotaan yang juga memberikan manfaat bagi komunitas sekitar.

Komunitas Lantan Bentala adalah komunitas insan-insan yang mencari jalan alternatif dalam upaya-upaya merawat, melindungi dan mempertahankan Ibu Bumi. Salah satu aktifitas komunitas ini adalah kampanye ‘buntelan’ sebagai alternatif pengganti tas plastik.
Para pemuda Hindu ini berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan efek yang positif bagi masyarakat yang ada disekitar Pura yang perbatasan dengan pantai utara Jakarta ini.

INIPUJA
Twitter: @iniPUJA
Facebook: Inisiatif Pura Hijau

Berita Terkait: Idea Online