Jalan2Kuliner: Digoyang Pepes Walahar, Karawang Timur

Pada saat bulan puasa lalu gw mendapatkan penugasan dari kantor untuk ke daerah Purwakarta...hari itu sangat panas dan angin nya bener2 ga enak, karena gw ga sempat sarapan, jadi siang nya bener2 laper banget. Setelah ngobrol2 dengan supir yang antar, katanya ada resto yang menarik dan unik untuk di kunjungi di daerah Karawang Timur...wehhh boleh juga tuh pikir gw, moga-moga buka hehehe...

Selesai tugas dan sekalian pulang kahir nya gw sempatkan mampir...perjalanan kurang lebih 40-60 menit dari purwakarta untuk sampai lokasi yaitu Rumah Makan Pepes Jambal Walahar Bp. H. Dirja di Desa Walahar Kecamatan Klari, Karawang Timur. Resto pepes jambal Walahar memang dimiliki oleh H. Dirja dan istrinya Hj. Siti Kurnia yang telah membuat resto ini sejak tahun 1985 ketika itu katanya Pak Dirja masih jadi buruh tani dan mencoba peruntungan dengan berdagang nasi di tepi Bendungan Walahar, Kecamatan Klari, Karawang.


Sebagai lauk nasi Dirja dan Siti mencoba menjajakan pepes jambal yang memang bahan bakunya mudah di dapat di tempat itu. Awalnya, dagangan Dirja hanya ditujukan bagi kaum buruh dan pelancong kecil yang mendatangi Bendungan Walahar.“Yang makan di warung ini bukan hanya kaum buruh dan pelancong kecil. Para Supervisor pabrik bahkan kalangan direkturnya banyak yang mencicipi menu pepes jambal di warung ini,” ujar Hj. Onih, pengelola warung yang juga keponakan H. Dirja itu yang sempat layanin gw waktu makan disana.

Resto yang terletak di ujung Jalan pintu masuk Bendungan walahar punya menu selain pepes jambal, ada juga aneka pepes lain seperti pepes ayam, pepes oncom, pepes tahu, pepes teri, pepes ikan mas, pepes peda, ikan bakar dan ayam bakar. Meski begitu pepes jambal tetap yang palig laris dan banyak diminati pengunjung. “Khusus pepes jambal, sehari bisa terjual satu kwintal jambal. Itu pada hari bisa. Kalu hari libur bisa menghabiskan dua kwintal ikan jambal,” kata mak Onih....gilaaaa laris amat yah

Dikatakan juga, kendati warung makan H. Dirja telah popular, namun harga makanan ditempat itu tetap tidak berubah. Satu bungkus pepes jambal hanya dijual Rp 5.000,00/bungkus. Harga tersebut berlaku bagi pepes-pepes lainnya seperti pepes teri, jamur, tahu, dan oncom, kecuali pepes ikan mas yang dibandrol Rp 25 ribu/bungkus.`Sementara nasi timbel dijual Rp 5.000,00/bungkus, es kelapa muda Rp 8.000,00/gelas.
Catatan: kalo mau kesini jangan bawa mobil yang besar ya...maks kijang lah...kenapa? soalnya kalo lewat bendungan nya ga bakal muat, sempit banget itu pun harus gantian kalo mau lewat. Tapi ga usah khawatir karena ga terlalu rame jalanan nya.

Rumah Makan Pepes Jambal Walahar Bp. H. Dirja 
Desa Walahar Kecamatan Klari, 
Karawang Timur
Telp: 0267 9141262
HP: 0813 109 51154/0813 853 33359