Jalan2Event: Indonesia hadir di International Home Show MACEF Milano 2012

Jakarta, 6 September 2012 – Indonesia kembali berpartisipasi pada pameran MACEF yang akan diselenggarakan tanggal 6-9 September 2012 di Milan, Italia. Partisipasi tahun ini merupakan hasil kerja sama dari DEKRANAS, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Mandiri, PT. Pupuk Indonesia, PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) II, serta KBRI di Roma - Italia. Partisipasi Kementerian Perdagangan dalam pameran ini merupakan bentuk lanjutan komitmen untuk terus meningkatkan citra Indonesia (Nation Branding) untuk produk-produk unggulan karya bangsa secara global. Paviliun Indonesia di MACEF 2012 yang berlokasi di Hall 10 Booth F2-F09, kembali mengangkat tema "Remarkable Indonesia" dengan konsep paviliun yaitu "Rumah Indonesia".

Rumah Indonesia adalah rumah modern yang menampilkan furnitur rotan dan pernak-pernik dekorasi rumah, interior, dan kerajinan Indonesia sebagai elemen interiornya. Produksi para desainer dan perajin dari berbagai daerah ini didesain khusus dengan sentuhan desain modern dalam rangka memenuhi selera pasar internasional. “Kami meyakini bahwa produk dekorasi rumah, interior, dan kerajinan Indonesia memiliki potensi ekspor yang luar biasa. Produk-produk dimaksud memiliki unsur bahan dasar logam, anyaman (rotan), tekstil, kaca, batu, kulit, dan serat alam/kayu yang tersebar di seluruh Indonesia,” urai Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kementerian Perdagangan, Pradnyawati.

Sebanyak 19 perusahaan yang turut berpartisipasi dalam pameran ini menampilkan produk unggulan masing-masing. “Produk-produk tersebut dihasilkan dari karya cipta dan kearifan lokal yang diturunkan secara turun temurun (heritage-based) dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, produk yang diutamakan bersifat unik serta memiliki daya saing dan daya tarik tersendiri di pasar global. Setiap produk juga telah melalui tahap seleksi dan kurasi ketat oleh DEKRANAS dan Kemendag,” ujar Yasmin Wirjawan selaku Ketua Bidang Pameran dan Kerja Sama Luar Negeri DEKRANAS.

 Untuk mempromosikan kuliner Indonesia, pengunjung yang hadir di Paviliun Indonesia juga akan disuguhkan kopi dan makanan ringan khas Indonesia. Kopi yang akan disajikan dibuat langsung oleh Barista dari Morning Glory Cafe, sedangkan makanan ringan yang disuguhkan adalah aneka kacang produksi Dua Kelinci. Partisipasi Indonesia dalam MACEF Expo 2012 ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan produk Indonesia kepada para buyer internasional sebagai produk ramah lingkungan dengan mutu dan kualitas yang terjamin serta menjadi wadah penghubung untuk menjalin hubungan bisnis (B2B) yang sehat dan berkelanjutan antara para produsen Indonesia dengan pelaku usaha Italia maupun internasional.

Rumah Indonesia Terdapat 4 (empat) ruang dalam Rumah Indonesia yang masing-masing diberi nama: Ruang Songket, Ruang Tenun Agam, Ruang Batik dan Ruang Sulam. Ruang-ruang tersebut menampilkan gambaran yang inspiratif mengenai bagaimana produk-produk kerajinan Indonesia bisa diaplikasikan sebagai elemen-elemen interior yang menjadikan tampilan sebuah rumah modern menjadi lebih indah dan elegan. Di dalam Ruang Songket, pengunjung akan disajikan dengan aneka produk anyaman dan display peralatan makan porselen. Ruang Tenun Agam akan didominasi oleh produk anyaman dengan warna-warna yang cemerlang. Sementara di Ruang Batik terdapat aneka produk batik dan aplikasinya sebagai elemen interior. Sebagai penghubung keempat ruang, ada ruang tengah yang menampilkan demo perajin yang sedang membuat kerajinan berupa anyaman serat urat Doyo yang merupakan warisan budaya masyarakat Dayak Benuaq di Provinsi Kalimantan Timur sejak ratusan tahun yang lalu.  

Peserta Pameran dari Indonesia
Peserta yang menampilkan produknya pada Pameran MACEF tahun ini terdiri dari 19 perusahaan yaitu: 1) Rumah Lunar (furnitur, hanger, tas, rak); 2) Amaru Indonesia (produk rotan: keranjang, mangkok, tas, vas); 3) Cita Tenun Indonesia (traditional divider, batik, tenun, bantal); 4) Nook Living (furnitur, kap lampu); 5) Life Style (furnitur); 6) Box Living (decorative box); 7) Ranina Jewelry (perhiasan); 8) Interni Asia (furnitur, decorative mirror, kap lampu); 9) Alvin T (furnitur rotan); 10) Sango Ceramics Indonesia (dinner set); 11) Terminal One (tas kulit); 12) Batik Chic (tas tangan batik); 13) Pusaka Iwan Tirta (keramik); 14) Nalini (suvenir) 15) DEKRANAS (Tenun Ulap Doyo & Sulam), 16) Rumah Cantik (seprai); 17) Patricio Untario (ornamen dari kaca), Morning Glory; 19) Dua Kelinci. Produk-produk yang ditampilkan tersebut telah melalui tahap seleksi dan kurasi ketat yang melibatkan DEKRANAS dan Kemendag.

Sekilas Tentang MACEF Milano
Pameran MACEF merupakan salah satu pameran terkemuka di Eropa yang diselenggarakan dua kali dalam satu tahun bertempat di Fieramilano, Milan dengan lahan seluas 100.557 sqm dan memamerkan produk-produk Household Goods, Glassware, Ceramics, Gifts, Watches & Clocks, Jewelry, Crafts, Festive Articles, Furniture, Interior Design, dan Lighting. Sebagai informasi, pada penyelenggaraan MACEF bulan Januari 2012 tercatat 1.877 perusahaan berpartisipasi (berasal dari 40 negara) dan dikunjungi oleh 88.658 pengunjung (dari 112 negara).  

Selayang Pandang Hubungan Indonesia-Italia
Italia memiliki posisi yang strategis yaitu berada di tengah-tengah antara Eropa dan Afrika. Italia memiliki keuntungan sebagai negara yang memberikan akses ke negara-negara Eropa Utara, negara-negara Mediterania dan negara-negara Eropa Timur. Pada tahun 2011, Italia merupakan mitra dagang Indonesia ke-15 atau 1,6% dari share total ekspor Indonesia. Ekspor Indonesia ke Italia tercatat sebesar USD 3,17 miliar sedangkan impor Indonesia dari Italia tercatat sejumlah USD 1,22 miliar atau surplus untuk Indonesia sebesar USD 1,94 miliar.

Untuk tahun 2012 (periode Januari-Juni), ekspor Indonesia ke Italia tercatat mencapai jumlah USD 1 juta sedangkan impor Indonesia dari Italia tercatat USD 552,4 juta. Produk ekspor Indonesia ke Italia antara lain produk kimia, batu bara, minyak kelapa sawit, produk karet, kopi, alas kaki, produk makanan (seafood), serta tekstil dan produk tekstil. Sedangkan produk impor Indonesia dari Italia antara lain: pipa, komponen kendaraan, mesin-mesin industri, TPT, serta kendaraan bermotor.