Jalan2Event: Indonesia Selenggarakan Bali Democracy Forum (BDF)

Bali menjadi tempat disellenggarakan nya Bali Democracy Forum (BDF) ke-5. yang jadwal nya Presiden SBY akan membuka acara yang diselenggarakan di Bali International Convention Center (BICC), The Westin Resort, Nusa Dua. Dikutip dari www.setkab.go.id, BDF ke-5 yang diselenggarakan selama dua hari (8 - 9 November) bertema "Advancing Democratic Principles At The Global Setting". BDF pertama kali diselenggarakan pada 2008 atas prakarsa Pemerintah Indonesia sebagai upaya membangun demokrasi di kawasan Asia Pasifik.

BDF sendiri bertujuan mendorong kerjasama regional dan internasional dalam menegakkan perdamaian dan demokrasi melalui penyelenggaraan dialog dan berbagi pengalaman antar negara-negara peserta.



Menurut panitia, Bali Democracy Forum (BDF) V akan dihadiri oleh 12 kepala negara dan sebanyak 73 negara peserta. Sejauh ini 14 kepala negara/pemerintahan telah memberikan konfirmasi hadir, yaitu Presiden Iran Mahmoud Ahmaddinejad, PM Australia Julia Gillard, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso, PM Yaman Mohamed Basindwa, PM Fiji Josaia Bainimarama, Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa, Presiden Afghanistan Hamid Karzai, PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Thailand Yingluck Shinawatra, PM Qatar Sheikh Hamad bin Jassim, Presiden Maladewa, Presiden Mongolia, dan utusan khusus PM Bhutan. Diharapkan pula hadir PM Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, PM Jepang Yoshihiko Noda, PM Papua Nugini.

Ditengah-tengah iruk pikuk politik, kekerasan dan konflik horisontal yang sering dan marak terjadi di Indonesia akhir-akhin ini, berharap Bali Democracy Forum (BDF) ini bisa membawa perubahan cara berdemokrasi di Indonesia dan bisa menjadi contoh bagi demokrasi di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar