Jalan2Kuliner: Nasi Jamblang Kopitiam Oey Salihara

Udah pernah cobain Kopitiam Oey yang ada di Salihara?...Kata “Kopitiam” berasal­­­ salah satu bentuk dialek Hokkien dari paduan kata kafe tien yang berarti warung kopi. Nah yang namaya Kopitiam Oey ini menyajikan beragam makanan tradisional dan menghadirkan aneka macam kopi sebagai sajian utamanya.

Lo tau ga kapan Kopitiam Oey pertama kali didirikan? Pertama kali didirikan di Jalan Haji Agus Salim, Jakarta Pusat, oleh Bondan Winarno (pembawa acara Wisata Kuliner), design tempat/interior yang digunakan oleh Kopitiam Oey lebih mengedepankan suasana tempo dulu dengan ragam makanan dan minuman, untuk sarapan sampai makan malam. Nah banyak makanan yang disajikan memiliki sentuhan budaya perpaduan dari Cina Peranakan, Jawa, Indocina, Italia, Prancis hingga Belanda.

Waktu gw ke Kopitiam Oey menu yang gw coba adalah Nasi Jamblang, menu istimewa untuk Salihara, wah menu ini bener2 maknyussss...perpaduan antara baladi ikan jamblang, balado telur ceplok dan sambal nya sanggaaatt mantaaffff....karena gw kesana ga sendiri, teman gw ini mencoba menu selat solo waah ini juga dahsyat rasa nya, Sebenarnya hampir sama dengan bistik (beef steak) daging bumbu kecap biasa, tapi kuahnya banyak dan encer dengan tambahan saus jadi terasa segar dan ringan. Dipinggir-pinggir nya ada sayuran-sayuran segar nya.



Nah menu lain nya adaah Sego Ireng, yang telah menjadi hidangan favorit selama ini. Beberapa menu “mak nyuss” lain juga akan tersaji, seperti Lumpia Gunung Sahari, Nasi Tim Ayam, French Toast, Panini, Wiener Melange, Milo Dinosaurus, Italian Black Coffee, Mint Tea, Vietnam Coffee, Wedang Uwuh, dan tak lupa Roti Talua. Kopitiam Oey mulai beroperasi di Komunitas Salihara pada 25 Februari 201.

Menu Selat Solo - Kopitiam Oey Salihara