Jalan2Budaya: Persiapan Perayaan Tahun Baru Imlek 2564 di Singapura

Suasana salah satu pasar di China Town Singapore
Tahun Baru Imlek 2564 ini akan jatuh di hari Minggu, 10 Feb 2013. Biasanya kalo udah menjelang Imlek kawasan China Town di berbagai negara udah mulai merias diri dengan warna serba merah yang meriah. Warna merah dan emas merupakan warma yang dominan dalam perayaan Imlek yang melambangankan kesejahteraan, keberuntungan dan kebahagiaan. Salah satu negara yang sempat gw kunjungi sebelum Imlek adalah Singapura. Maklum gw rutin kesini karena antar orang tua untuk berobat. Nahh saat lenggang gw dan ditemani sahabat gw sempatkan pergi ke China Town dan daerah Bugis yang merupakan pusat keramaian saat jelang Imlek.

Kalo kata kalender China Tahun 2013 adalah tahun ular ada juga yang bilang ular air, katanya karakteristik ular: sadar, menawan, licik, elegan, misterius, penuh gairah, bangga, tenang, dan sia-sia. Mereka adalah orang-orang menarik, yang menangis dengan mudah dan tidak menjadi bingung dengan mudah. Mereka adalah orang-orang anggun, menarik dan gelap pada saat yang sama. Mereka menikmati membaca, mendengarkan musik, mencicipi makanan lezat, dan pergi ke teater. Mereka terpesona dengan semua hal yang indah dalam hidup. Banyak wanita yang paling indah dan laki-laki dengan kepribadian yang kuat lahir di Tahun Ular...itu menurut penialain atau tanggalan China...

Bunga Pussy Willow yang banyak di beli untuk perayaan Imlek

Nah makanya salah satu tempat yang rame banget dikunjungi oleh warga adalah papan pengumuman di tempat pusat perbelanjaan yang isi nya  tentang rincianan penjelasan tentang peruntungan mereka di Tahun 2013 yang merupakan tahun ular menurut Shio mereka masih-masing. Selain peusat belanja keramaian juga terlihat di booth para peramal atau ahli Feng Sui mereka rela antri untuk mendengarkan nasihat-nasihat apa saja yang mereka dapat untuk menjalan kan bisnis atau menanyakan perihal kesehatan mereka di tahun 2013 ini. 


Membaca Shio salah satu kegiatan menyambut Imlek
Pada tanggal2 ini pula banyak orang Chinese melakukan persiapan menyambut Imlek. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam meyambut Imlek antara lain: membersihkan dan menghias rumah, memasak dengan ukuran banyak dan besar karena keluarga nya besar atau memang untuk stock, mengunjungi klenteng atau kuil untuk berdoa, serta membeli tanaman dan buah. Makanya di pasar China Town dan Bugis ini banyak sekali dijual buah berbagai jenis dan bentuk (ada buah yang berbentuk kendi), aneka permen, aneka tanaman unik yang dibentuk sedemikian rupa yang mengandung berbagai macam arti, aneka kacang-kacangan, aneka kue-kue (kue bulan, kue ikan, dll), aneka bunga baik asli maupun udah modif, dan masih banyak lagi pernak pernik Imlek lain nya.

Borong pernak pernik Imlek

Kue keranjang juga buanyak banget nih disini, berbagai macam bentuk dan ukuran, Kue keranjang nama keren nya disebut juga Nian Gao. Kue yang manis, empuk dan agak lengket ini bukan hanya sekadar tradisi saja, tapi ada ada ceritanya . Dulu katanya rakyat Tiongkok percaya kalo anglo (tempat masak) dalam dapur di setiap rumah itu ada dewa-nya yang dikirim oleh Yik Huang Shang Ti (Raja Surga). Dewa itu juga sering dikenal dengan sebutan Dewa Tungku yang ditugaskan untuk mengawasi segala tindak tanduk dari setiap rumah dalam menyediakan masakan setiap hari. Maka setiap akhir tahun tanggal 24 bulan 12 Imlek (atau h-6 tahun baru), Dewa Tungku akan pulang ke surga serta melaporkan tugasnya kepada Raja Surga. Untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan bagi rakyat, muncullah gagasan untuk memberikan hidangan yang menyenangkan atau hal-hal yang dapat membuat Dewa Tungku tidak murka. Akhirnya disepakati warga untuk mencari bentuk sajian yang manis yakni kue yang disajikan dalam keranjang. Katanya lengket itu melambangkan persaudaraan jangan sampai terputus, tetap menjalin cinta kasih terhadap sesama. Sedangkan rasa manis itu mengandung agar manusia hidup harmonis dan bisa merasakan manisnya hidup di dunia,


Unik nya bentuk buah ini

Wih jalanan sekitar China Town dan Bugis saat gw melintas emang tumplek banget nih, 80% orang Singapura seperti nya sedang belanja semua disini, selain harga murah, apa aja ada kayanya disini. Tapi semacet nya disini ga separah di Mangga Dua or Glodok kali yah hahaa...masih tertib dan jalan...

China Town - Singapore


Perayaan Imlek akan dirayakan selama 15 hari yang ditutup dengan Hari Cap Gomeh...jadi kata temen gw yang yang merayakan Imlek, dia dan keluarga besar nya akan melakukan perayaan dengan makan bersama selama 15 hari dengan berbagai macam menu...buuusseettttt kaya apa tuh persiapan nya, pasti stress....dan katanya saat ini jangan pergi ke negara2 yang mayoritas warga nya merayakan Imlek karena akan susah cari makanan dan banyak yang tutup toko nya....


Di hari berikut akan banyak pertunjukan katanya di sepanjang jalan di Singapore, pemerintah nya membuat parade salah satu jalan yang akan ditutup untuk parade adalah Orchard dan sekitar China Town...

Hmm siap-siap menunggu undangan makan-makan dr sahabat yang merayakan hehe....Met Tahun Baru Imlek yaaaaa....