Nyok Kite Cobain Sayur Gabus Pucung Betawi

Ada yang belum tau menu khas Betawi? Ini dia salah satu menu yang mungkin bisa jadi rekomendasi kuliner. Kuliner Betawi memang legendaris salah satu nya adalah masakan yang berbahan Ikan gabus namanya Sayur Ikan Gabus Pucung ala Haji Kombo di kawasan Bekasi.....ikan Gabus yang memiliki rasa yang gurih dan lembut dagingnya seperti ikan lele atau patin ini diolah dengan disiram kuah hitam kental pekat yang berasal dari kluwek dengan aneka rempah tambahan. 

Nahhh...di rumah makan H. Syamsudin Kombo atau dikenal dengan Haji Kombo ini konon sudah ada sejak awal 1980-an. Resti ini mengusung berbagai macam menu dengan gaya Betawi yang khas seperti sayur pucung gabus, pecak lele, soto kaki sapi, semur jengkol, oblok tongki, ada juga sate dan ayam bakar.

Rumah makan  yang letaknya ada di pinggir jalan Jl. Raya Tarumanegara ini tampilannya biasa dan cenderung sederhana, ga ada dekorasi unik dan tempatnya yang luas, Lo bisa menikmati makanan di meja kayu panjang atau lesehan dengan  khas gaya rumah orang Betawi.
 

Menu yang gw pilih adalah sayur pucung gabus, oblok tongki, dan ayam bakar....Nah sambill nunggu...pelayan kasih kita sayu rebusan (lalapan) berupa pete rebus, pare rebus, kacang panjang rebus dan daun pepaya rebus, trus ada juga bakwan, tahu dan tempe jadi camilan. Nah lalapan ini lucu nya di kasih sambal sambal kacang yang lumayan pedas. 

Nah 10 menit kemudian datanglah pesanan sayur gabus pucung kite. Satu mangkok berisi kuah hitam kental harum dengan ikan gabus di dalamnya....nah toping (atasnya) dikasih taburan daun bawang dan irisan cabe rawit di dalam.
...passsss deehhh tuhhhh dinikmati pake nasi putih hangat.
 
Oblok  Tongki (Semur Bebek)
Nah kalo untuk menu Oblok Tongki, ini adalah menu berbahan dasar daging bebek...hehe lucu ya namanya Oblok Tongki....daging bebek ini di oloh dengan bumbu semacam rica-rica tapi ini ala betawi....bumbu seperti ada kunyit nya dan rasa nya lumaya pedes....pokok nya rasa nya dahsyat lah cing...

RM Khas Betawi 
H. Syamsudin Kombo
Jl. Raya Tarumajaya Kp Bogor
Hp : 081386453459
Telp: 021 92397153


Tidak ada komentar:

Posting Komentar