Sedapnya Burung Dara Goreng Pahlawan Surabaya

Burung Dara Goreng Pahlawan
Setelah lelah melakukan perjalanan dari Jember menuju Surabaya yang ditempuh 3-4 jam, saya sempatkan untuk kuliner sejenak. Kalo menu rawon mungkin udah biasa, sekarang saya coba makanan khas juga yang sering menjadi tujuan wisata kuliner di sana...di Kota Pahlawan ini Burung Dara merupakan bahan kuliner yang sangat menarik dan sulit utk saya lewatkan.

Ada resto Burung Dara goreng yang banyak memberikan rekomendasi namanya "Ayam dan Burung Dara Goreng Pahlawan" di kawasan Tugu Pahlawan. Konon resti ini sduah ada sejak tahun 1970 yang dikelola oleh keluarga secara tuun temurun. Berbahan baku burung dara, masakan ini hanya ada burung dara goreng dengan sambal nya berupa garam dan lada hitam yang makan nya dicocol tp janan terlalu banyak dan dimakan dengan sayur asem atau sayur ceker khas resto ini.


Resto Ayam & Burung Dara Goreng Pahlawan


Masakan ini bisa dibilang kental dengan sentuhan kuliner Chinese karena dari dulu hika kita menghadiri pesta pernikahan orang chinese di Surabaya (biasanya pesta meja/ bukan prasmanan) selalu dihadirkan hidangan burung dara goreng. Masakan burung dara ini memang memiliki banyak lemak yang mampu membuat daging-nya menjadi sangat lembut dan gurih. Biasanya resto chinese food, menggunakan burung dara muda, sehingga dagingnya sangat empuk. Jauh lebih empuk dari ayam kampung. Di Surabaya, cukup banyak yang menyediakan burung dara enak, mulai dari resto mahal sampe kaki lima, namun rata rata burung dara ini dijual dengan kisaran harga Rp. 21.000 – 25.000/ per ekor. Memang cukup mahal harga nya ya, kalo kaya saya 10 ekor baru berasa yah hehe...

Burung darang goreng dan sambal garam nya

Ayam dan Burung Dara Goreng Pahlawan
Jl. Pahlawan no 80 Surabaya
031 70205777. 031 77886869