Nikmatnya Rawon Nguling Asli

Nah kali ini saya melakukan perjalan kuliner kembali, tujuan kali ini adalah Kota Jember di Jawa Timur. Saaya sudah mendengar tentang adanya Rawon yang cukup ga asing terdengar di telinga para penggemar rawon. Rawon Nguling namanya di Kecamatan Nguling, Probolinggo, Jawa Timur. Warungnya terletak di jalur utama utara Jalan Surabaya - Jember. Kalo lo lewat darat di jalur utara pasti lo akan melewati warung rawon yang gokil ini.

Setau saya rawon nguling sudah menasional di beberapa cabang di Jakarta dan kota besar lainnya, tapi bakal terasa beda kalo makan di warung asalnya. Yang saya liat pertama kali saat memasuki warung ini adalah adanya foto-foto Presiden SBY yang pernah makan disana yang jadi pajangan utama. Interior warung ini sih terlihat biasa saja tidak ada design khusus.



SBY juga makan disini

Begitu duduk kita langsung ditawari daftar menu bermacam-macam masakan Jawa Timur. Tapi tetap rawon menjadi pilihan utama pengunjung . Di meja sudah tersedia gorengan lauk pauk mulai dari gorengan empal daging, otak, limpa, tahu, dan tempe yang buat ukuran orang Jakarta termasuk besar-besar irisannya.

Banyak oleh-oleh camilan yang bisa dibeli

Nasi rawon yang di hidangan ada dua pilihan nasi nya dicampur atau di pisah dan didalam nya ada irisan daging dan lemak sapi dengan sambel terasi dan taoge pendek sebagai perlengkapannya. Kuah rawonnya agak encer kehitaman karena ada bumbu kluwek, bumbu khusus untuk campuran rawon. Terasa segar dimakan panas-panas dan daging sapinyanya sangat empuk. Di Jawa Timur jarang makan nasi dengan kuah terpisah, ga seperti di Jakarta. Cuman kalo anda suka daging sapi yang tanpa lemak anda harus bilang ya sama pelayan nya, kalo ga nanti rawon nya kebanyakan lemak nya hehe....

Salah camilan yang favorit disana

Dimakan dengan kerupuk udang atau kerupuk ikan, rasanya makin mantap. Rasa rawon yang berkuah encer kehitaman terasa pas bumbunya di lidah. Apalagi dicampur sambel terasi taoge, terasa pedas-pedas dikit dan segar saat makan di tengah perjalanan. Sangat cocok dimakan di tengah kelaparan perjalanan karena porsi nasinya cukup banyak.

Tambah nikmat rasanya dimakan dengan gorengan  tempe  dan empal daging goreng. Makin mewah makan rawon Nguling dengan tambahan empal goreng dan tempe karena harganya akan dua kali lipat dibanding hanya nasi rawonnya aja yang harganya Rp 12.500 per piring. Meskipun tebal, empal gorengnya empuk dan terasa rasa bumbunya.

Silahkan mampir ke warung rawon ini ya kalo mau ke arah Jember atau Bali lewat darat...