Jakarta Marathon 2013

Hari Minggu kemaren (27/10) salah satu event besar di jakarta adalah pelakasanaan Jakarta Marathon 2013 yang diikuti 5500 peserta baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dan saya pun ikut antusias dengan acara ini dam Jakarta Marathon  dengan menyempatkan diri bersepedah menelusuri jalur marathon. Mulai dekat rumah saya di kawasan Tebet, Pancoran hingga Sudirman. Dan ini lumayan jauh lho....


Ribuan orang hadir memadati lapangan Monas. Kegiatan Jakarta Marathon 2013 terdiri dari beberapa kategori, yakni lima kilometer, sepuluh kilometer, half marathon (21 kilometer), dan full marathon (42 kilometer), serta Maratoonz yang dikhususkan untuk anak-anak.




Katanya Jakarta baru pertama kali selenggarakan ini, tapi  seperti yang di ulas oleh Kompas.com Jakarta sudah memiliki sertifikasi rute maraton internasional dengan Grade A dan tingkat elevasi rute 0 m per km dari International Association of Athletics Federations (IAAF). Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ada lima kategori nomor lari, yakni full marathon sepanjang 42,195 km; half marathon 21 km, 10 km, dan 5 km; dan marathoonz atau children sprint 1,3 km.




Secara resmi pendaftaran Jakarta Marathon 2013 dilaksanakan di Sport and Running Expo Paris Marathon Prancis 4 April 2013 lalu. Sejak pendaftaran tersebut jumlah peserta dari mancanegara semakin banyak dari hari ke hari. Kemudian pada 13 Juni 2013 yang lalu, Internasional Association of Athletics Federations (ISSF), induk olahraga atletik dunia, Amauri Sport Organisation (ASO), konsultan penyelenggara Tour de France, Paris Marathon, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan Poolri, telah melakukan kalibrasi rute Jakarta Marathon sejauh 42,169 km dan half marathon 21 km. Berdasarkan hasil kalibrasi tersebut, IAAF resmi menerbitkan sertifikasi rute marathon 2013 dengan nilai grade A. Sertifikasi itu berlaku sampai lima tahun yang akan datang.



Dalam Jakarta Marathon 2013 pelari asal Kenya, William Chebor (31), berhasil memenangkan lomba lari Jakarta Marathon untuk kategori 42,195 km yang digelar di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas).William berhasil membukukan catatan waktu 2 jam 14 menit 30 detik. Atas kemenangannya itu, pelari dengan nomor urut 7 itu berhak atas hadiah sebesar 40.000 dollar AS.


Teman-teman saya yang ikut lomba

Posisi kedua ditempati Stephen Tum (27), pelari asal Kenya, dengan catatan waktu 2 jam 15 menit 35 detik. Di urutan ketiga ditempati Chelimo Kipkemoi (2.17.06). Keduanya berhak atas hadiah sebesar 20.000 dollar AS.Sementara itu, pelari Indonesia Samgar Kamlasi berada di posisi lima besar dengan catatan waktu 1.19.16, satu peringkat di bawah pelari Kenya, Charles Thaiya, yang berada di posisi empat.

Ada kejadian lucu bahkan Gubernur DKI Jakarta Jokowi pun ikut berlari saat akan mengalungkan medali finish kepada pelari Kenya, karena pelari tesebut tidak mengenal Jokowi, dia tetap saja lari walau sudah di garus finish. Ini video nya