Malioboro Festival, Yogyakarta

Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar kegiatan panggung rakyat di sepanjang Malioboro sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-257 kota tersebut. Panggung rakyat akan berada di jalur lambat.

Ruas jalan yang menjadi ikon wisata Kota Yogyakarta, Jalan Malioboro, akan ditutup total pada Minggu (6/10/2013) mulai pukul 19.00 WIB hingga tengah malam karena akan digunakan sebagai panggung rakyat.

Selama penutupan jalan, Satlantas Polresta Kota Yogyakarta direncanakan menerjunkan 80 petugas yang akan dibantu 20 petugas dari Dinas Perhubungan, ditambah sekitar 100 petugas Jogoboro dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro dan didukung pengamanan dari Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta serta komunitas setempat.



Sementara itu, bagi warga yang ingin menikmati suguhan yang ditampilkan dari tiga panggung hiburan tersebut dapat memanfaatkan area parkir di Tempat Khusus Parkir (TKP) Malioboro 1 dan 2 serta di Parkir Ketandan dengan tarif progresif karena parkir di sepanjang Jalan Malioboro akan ditiadakan.

Komunitas parkir di Jalan Malioboro sepakat akan mengakhiri aktivitasnya pada pukul 16.00 WIB sehingga seluruh jalan dan trotoar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan wisatawan yang akan menikmati suguhan hiburan di tiga panggung. Panggung hiburan tersebut akan didirikan di jalur lambat, akses jalur lambat Malioboro akan ditutup mulai pukul 07.00 WIB. Selain panggung hiburan, di sepanjang Malioboro juga akan dihiasi oleh berbagai seni instalasi karya seniman Timbul Raharjo. (sumber Kompas & Tribune)