Tempat Wisata Favorit 2014 Versi Lonely Planet

Seperti yang dilansir oleh situs Tempo.co dan Lonely Planet mengompilasi panduan tujuan wisata teratas selama 12 bulan mendatang. Dalam daftar 10 negara layak kunjung pada 2014, Brasil berada di tempat pertama, diikuti oleh tujuan yang lebih mengejutkan: Antartika.

Tujuan wisata di Asia yang dikerling Lonely Planet adalah Malaysia. Negara ini dianggap serius mengembangkan industri pariwisata, dan banyak tempat-tempat baru yang menarik dikunjungi.

Berikut daftar lengkap 10 tujuan wisata favorit versi Lonely Planet:

Brasil
Sebagai lokasi dari Piala Dunia FIFA 2014, Brasil akan menjadi tuan rumah penggemar sepak bola di seluruh dunia pada musim panas mendatang. Dalam persiapan acara itu dan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, negara ini telah melakukan investasi yang signifikan untuk meningkatkan infrastruktur pariwisata. Artinya, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk merencanakan perjalanan ke Brasil selain sekarang. Kota yang beragam, pantai yang indah, hutan hujan yang hijau, dan keajaiban alam seperti air terjun Iguazu menjadikan negara ini mampu menawarkan sesuatu yang berkesan untuk setiap wisatawan.

Antartika
Pariwisata kutub makin diburu saat ini, didorong oleh kekhawatiran bahwa perubahan iklim akan segera melelehkan benua glasial itu. Sebuah ekspedisi Antartika menawarkan kesempatan untuk mengagumi pemandangan benua yang luas dan tak tersentuh, dengan aneka satwa liar yang luar biasa.

Skotlandia
Dengan kastil Edinburgh yang bersejarah, kehidupan malam Glasgow, dataran tinggi megah, dan sejumlah pabrik anggur legendaris, Skotlandia memiliki sesuatu yang berkesan bagi semua orang. Tahun 2014, negara ini akan menjadi tuan rumah Commonwealth Games XX pada bulan Juli dan Agustus, sebelum membuat langkah signifikan menuju penyelesaian masalah kemerdekaan dari Inggris melalui referendum pada bulan September.

Swedia
Asal tahu saja, ibu kota kebudayaan Eropa adalah Umeå, terletak di utara Swedia. Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk menjelajahi lanskap yang tertutup salju di wilayah Lapland selain tahun 2014. Swedia juga menawarkan wisata kuliner, antara lain di Stockholm dan Gothenburg, tempat asal beberapa koki paling inovatif di Eropa saat ini.

Malawi
Lonely Planet merekomendasikan negara kecil di Afrika sebagai salah satu tempat terbaik untuk safari otentik, jauh dari turis mainstream di Benua Hitam. Tanaman khas dan satwa liar yang hidup dalam harmoni di taman nasional menjadi daya tarik utamanya.

Meksiko
Meski masih menjadi tujuan populer, reputasi Meksiko telah ternoda dalam beberapa tahun terakhir karena kejahatan narkoba dan gangster. Namun, di beberapa bagian Meksiko yang damai, wisatawan masih bisa dengan aman menjelajahi keajaiban Maya Mérida dan Tulum atau bersantai di Pantai Chacala.

Seychelles
Kerap disebut surga bagi miliarder, negara kepulauan ini kini menjadi lebih mudah diakses. Selain kian banyak pilihan hotel berharga "miring", penerbangan ke tempat ini juga kian mudah dan murah.

Belgia
Negara di Eropa ini masih menjadi salah satu tujuan utama untuk wisata sejarah pada 2014, yang menandai peringatan 100 tahun Perang Dunia I. Belgia merupakan lokasi sejumlah pertempuran penting selama perang itu. Selain mengunjungi situs-situs bersejarah, wisatawan dapat menjelajahi kota-kota yang luar biasa dari abad pertengahan, museum kelas dunia, dan masakan yang terkenal lezat.

Makedonia
Skopje, ibu kota negara Balkan ini, terus bersolek. Sejumlah situs sejarah telah direnovasi, sebagian besar merupakan sisa-sisa Kekaisaran Ottoman dengan arsitektur Yugoslavia. Selain wisata sejarah, pemandangan alam yang indah juga menjadi daya tarik Makedonia.

Malaysia
Negara ini terus mengembangkan industri pariwisata. Sejumlah tempat wisata baru telah dibuka --termasuk Melaka Bird Park dan Legoland Malaysia. Bandara Kuala Lumpur pun telah diperluas . Mencari ekowisata atau resor mewah? Malaysia memiliki keduanya.