[TRAVELING] Keagungan Istana Gyeongbok


Disetiap negara pasti ada tempat yang merupakan lambang kebesaran negara tersebut. Bagi Korea Selatan, istana Gyeongbok merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Istana ini konon aslinya didirikan tahun 1394 oleh Jeong Do Jeon, seorang arsitek. Dan Istana ini sempat mengalami kehancuran pada saat penjajahan Jepang ke Korea tahun 1592-1598. Setelah itu dibangun kembali ditahun 1860-an, bayangkan membangun kompleks dengan 330 buah komplek bangunan dengan 5.792 kamar. Wilayah istana ini luasnya 410.000 meter persegi.





Yang saya dengar dari pemandu wisata, istana Gyeongbokgung bukanlah satu-satunya istana yang ada di Korea Selatan. Ada 4 istama lagi yang bisa dikunjungi jika ada waktu seperti Changdeokgung Palaces (including Huwon, Secret Garden), Changgyeonggung Palace, Deoksugung Palace, Gyeongbokgung Palace ditambah Jongmyo Shrine.



Perjalanan saya memasuki istana ini di mulai dari pintu belakang, kenapa? karena saat itu rombongan yang masuk ke istana ini sangat lah ramai. jadi untuk menghemat waktu rombongan kita masuk dari arah belakang. Saat memasuki halaman belakang aura istana yang kental sangat terasa. Suasana yang sepi dengan terik matahari dan udara yang dingin dan kering membuat saya bisa merasakan seperti apa jaman dulu rasa nya. Aroma kayu yang terpancar dari pepohonan dan tiang-tiang kayu kuno pun terasa.


Semua ornamen pagar yang tinggi dan kayu-kayu yang dipahat sangat memperlihatkan bahwa orang Korea memiliki taste yang tinggi terhadap seni. Dan ornamen istana ini  banyak seali bermain di warna Hijau dan merah. Megah nya pintu gerbang utama dan megah nya ruang utama istana dimana raja dan ratu tidur membuat saya berpikir betapa agung nya manusia-manusia itu di hadapan para rakyat nya.



Saat saya menuju pintu keluar, secara kebetulan sedang ada prosesi pergantian pesukan penjaga istana yang menurut saya ini sangat menarik. Seperti hal nya yang dterjadi di keraton Yogyakarta. prosesi nya sangat bagus dan unik sekali. Antara seni, budaya dan kedisplinan pasukan ini sangat kompak dan bisa menghadirkan pertunjukan yang memukau