[TREND] Tua dan Muda Demam Batu Mulia

Jakarta, Berbagai macam batu mulia dan batu akik menjadi trend yang sangat menarik untuk dipantau akhir-akhir ini. Konon Batu bacan mendadak populer di dalam dan luar negeri setelah Barrack Obama dihadiahkan cincin batu bacan oleh Presiden SBY. Batu cincin yang dikenakan di jemari Barrack Obama saat ini adalah batu bacan hadiah dari Presiden SBY ketika Obama berkunjung ke Indonesia dulu, sejak itulah industri kerajinan batu mulia menjadi hits dikalangan baik orang tua bahkan anak muda saat ini.


Kalau kita perhatikan di pusat-pusat keramaian dan pusat perbelanjaan, banyak pria, tua dan muda, pakai batu bacan yang indah dan menawan di jemari mereka.Bahkan di perkantoran pun menjadi ajang pamer koleksi batu hahaha



Selain batu akik, batu mulya untuk dijadikan cincin banyak juga diburu karena alasan gengsi dan style penggunanya. Salah satunya adalah batu ruby, batu ini tergolong dalam batu jenis mulya yang paling banyak dicari lantaran harganya yang miring dan bergengsi. Batu ruby yang paling banyak dicari berasal dari Sri Lanka. Batu ruby asal Sri Lanka ini diminati karena warnanya semakin indah apabila sudah lama digunakan atau istilahnya sudah jadi.



Saat ini di Jakarta banyak orang yang mendadak beralih profesi menjadi penjual batu bacan. Batu asal Pulau Bacan, Halmahera, Maluku Utara itu paling banyak digemari dan diburu banyak orang karena batu ini adalah batu yang hidup. Kalau dipakai setiap hari, gesture serat corak dan warnanya berubah menjadi mekar, indah dan menawan.


Harga yang dibanderol untuk batu mulya ini tidak sama dengan batu akik. Batu mulya dijual tidak asal-asalan karena dihitung harga perkaratnya. Selain ruby masih ada sapphire dan zamrud yang tergolong menjadi incaran di jenis batu mulya. Namun, paling mahal tetap batu diamond karena keindahan, mahalnya harga dan juga kelangkaannya.


Roy Bhakti sahabat kuliah saya yang memiliki toko khusus batu mulia di kawasan cikini ini menuturkan bahwa memang demam batu sangat tinggi dan malah kebanyakan anak muda. Rata-rata batu yang dibeli seperti Bacan, ruby, dan safir. Ternyata batu-batu mulia Indonesia tidak kalah indah nya dengan batu luar negeri