[TRAVELING] Trip To Hangzhou China



Akhir bulan April saya berkesempatan mengunjungi salah satu kota termodern di dunia dan  kota wisata dan merupakan salah satu propinsi di China, yaitu Shanghai dan Huangzhou. Perjalanan saya dr Jakarta (CGK) dengan Cathay Pacific dimulai pk 23.00 menuju Hangzhou trasit di Hong Kong International Airport atau HKIA dengan total lama perjalanan kurang lebih 8 jam perjalanan (transit selama 2 jam di Hongkong).



Hong Kong International Airport

 Dari Hongkong ke Hangzhou saya menggunakan Dragon Air (anak usaha Cathay Pasific) selama 2 jam, mendarat di Bandar Udara Internasional Xiaoshan, Hangzhou  pk 10.00 pagi.

Pagi Hari di Hong Kong International Airport


Menuju Hangzhou

Bandara Hangzhou terletak 45 menit daru pusat kota. Dari Bandar Udara Internasional Xiaoshan kita harus melalui kawasan industri dulu. Katanya Hangzhou ini merupakan kota pendidikan dan wisata. Kebanyakan orang disini berkerja sebagai buruh dan di sektor industri dan pedagangan.

Kotanya bersih dan rapih, karena saya datang di hari buruh atau hari libur nasional disana maka tidak banyak orang lalu lalang di jalanan. Dan banyak orang Hangzhou yang sedang lebiran ke propinsi lain.

Suasana kota Hangzhou



Konon negeri Cina terkenal dengan 4 “Zhou”-nya yaitu : Guangzhou yang dikenal dengan wanitanya yang mahir memasak, Suzhou (wanitanya yang cantik dan lemah lembut), Lanzhou (penghasil kayu berkualitas bagus), sedangkan Hangzhou yang katanya memiliki arti “sorga di bumi” terkenal dengan beberapa spot wisata dengan pemandangannya yang indah.

Sepedah yang disediakan oleh pemerintah untuk disewa


Kali ini saya berkesempatan mengunjungi Hangzhou, yang merupakan ibukota provinsi Zhejiang di pesisir timur China. Kota ini merupakan kota tertua di tiongkok dan pernah menjadi ibukota tiongkok pada jaman Dinasti Song. Di Kota ini saya melihat banyak sekali orang menggunakan sepedah dan sepedah motor listrik.

Bersepedah pun bisa bergaya
Banyak pos yang disediakan oleh pemerintah setempat bagi warga nya atau wisatawan yang akan sewa sepedah ini. Hanya dengan harga 2-3 Yuan bisa menggunakan sepedah ini. Katanya, sepedah bermotor konvensional dikota ini sudah diperberat aturan nya, karena penyumbang polusi udara dan suara terbanyak.

banyak juga wanita yang perkasa membonceng laki-laki


Wisata ke Danau Barat (Xi Hu / West Lake)

Salah satu tujuan wisata di Hangzhou adalah mengunjungi dan meilhat langsung keindahan “Danau Barat “ (Xi hu/west lake), kalo ada yang pernah liat film legenda Siluman Ular Putih...nah disini lah tempat legenda itu lahir....legenda si Ular Putih atau Pai Su Cen. Cuma saat saya kesana bertepatan dengan libur nasional disana, wah suasana nya sangat-sangat ramai dan penuh sesak....ffiiuuuhhhhh....akan banyak perjuangan untuk menjelajah tempat ini. Disarankan untuk hati-hati dengan barang bawaan kita terutama tas iss dompet dan uang (barang berharga lain nya). 

Ramai nya wisatawan lokal yang berwisata di West Lake
Di Danau Barat ini kita juga bisa lihat keindahan pagoda Lei Feng Ta (tempat mengurung sang Siluman Ular Putih), Duan Qiao (Broken Bridge, tempat Siluman Ular Putih pertama kali bertemu dengan suaminya).yang katanya pagoda ini pernah mengalami beberapa kehancuran. Konon Pai Su Chen ini adalah siluman baik dan sering membantu rakyat sekitar yang membutuhkan pertolongan.

Kapal wisata berbentuk naga berkeliling Danau Barat (West Lake)

Dengan menggunakan perahu kita dapat mengelilingi danau barat (Xi Hu), hebat nya perahu yang terbuat kayu dan berbentuk traditional ini, menggunakan tenaga LISTRIK alias battery, jadi kita berkeliling dengan nyaman dan ga berisik suara motor perahu. Hebat....masing-masing kapan kapasitas nya 30 orang dan di operasional kan oleh 1 supir dan 1 pendamping nya.

Pilot perahu lustrik di West Lake
 
 Banyak cerita tentang  legenda dan mitologi kuno yang berkaitan dengan obyek – obyek yang kita lalui. Kita juga dapat menikmati pemandangan danau yang dikelilingi dengan bukit dari tiga arah yang mempunyai luas 5,6 km dan ditanami pohon – pohon rindang sehingga terasa sejuk. Kalo ga salah ada 3 pulau di danau ini dan 2 diantara nya adalah  pulau buatan.

Ini adalah jalur menuju jembatan


Jembatan Putus adalah salah satu atraksi unggulan di West Lake. Jembatan indah ini menyuguhkan pemandangan spektakuler Danau Barat. Area ini juga penuh legenda, yang membantu menarik kerumunan pengagum yang bisa ditemukan di sini kapan saja sepanjang pekan.

Orang sana menyebut Jembatan Putus dengan “Jembatan Putus Hati.” Menurut cerita kuno, seekor siluman ular putih (Pai Su Chen) pernah tinggal di danau itu. Ia berubah menjadi perempuan muda yang jatuh cinta dengan seorang lelaki tampan yang dijumpainya di jembatan ini.

Broken Bridge di West Lake

Konon mereka hidup bahagia bertahun-tahun, namun seorang biksu Buddha mengubah kembali perempuan itu menjadi seekor ular dan ia menghilang di dekat jembatan tempat mereka dulu bertemu. Kalo mau menghindari keramaian, datanglah pagi-pagi atau di malam hari sekalian. (berlanjut)