[EVENT] Wisata Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2015

Jakarta, Kuliner Indonesia adalah salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang wajib diketahui oleh para penerus bangsa. Tidak terkecuali para korporasi besar lokal yang hidup dan besar dari kekayaan kuliner Indonesia. Salah satu event yang saya apresiasi adalah Festival Jajanan Bango 2015 yang diadakan di 3 kota besar yaitu Yogyakarta, Surabaya dan terakhir di Jakarta.


Pedagang-pedagang dengan puluhan jenis kuliner nusantara dari barat hingga timur Indonesia berkumpul di Plaza Barat Senayan, Jakarta, Minggu (14/6/2015). Melalui festival kuliner yang telah diselenggarakan sejak tahun 2005 ini, Bango berharap dapat menjadikan wacana yang menyenangkan untuk penyelenggaraan ke depan. Bango berharap para pengunjung dapat menikmati kuliner yang hadir pada festival ini.

Dengan tema " PERSEMBAHAN TERBAIK UNTUK PECINTA KULINER NUSANTARA" acara Festival Jajanan Bango 2015 menghadirkan suguhan kuliner nusantara dari seluruh penjuru Indonesia:


Barat Nusantara : Sate Padang Ajo Ramon Ayam & Bebek Tangkap Atjeh Reuyeuk Soto Padang Hayuda Lontong Sayur Medan Kedai Mamak Tekwan RM. Sri. Melayu Palembang Roti Cane Kari Seulawah Sop Ikan Batam Sate Bangka Cha Cha Pempek Ibu Elly Ayam Gota Khas Medan Nasi Gemuk Khas Jambi Mie Aceh Bang Iwan

Mie Goreng Cakalang

Tengah Nusantara : Bebek Kaleyo, Soto Mie Theresia, Gado Gado Kertanegara, Nasi Gandul Khas Kota Pati Bu Endang, Nasi Goreng Mafia, Sop Janda Ketoprak Ciragil, Gudeg Malioboro, Nasi Uduk Mas Miskun, Soto Bang Udi, Ayam Kampung Bakar Madu, Warung Special Sambal.

Timur Nusantara : Nasi Kepal Dapur Mama Tya Ayam Rica Rica "Tinutuan Amurang" Sop Konro Depot Makassar Coto Makassar Kedai Pelangi Pallubasa Makassar Mie Cakalang Rumah Palem Kakap Goreng Saus Tauco Dinar Seafood Konro Bakar Daeng Tata Ikan Bakar Parape Kerang Hitam Manis Piccolinos Soto Sasak Lombok Ayam Bakar Bali Qui.

Kerang Hitam Manis


Selain makanan khas, di event ini juga hadir minuman dan menu penutup khas Indonesia : Rujak Juhi Petojo, Serabi Solo Nikimawon, Ketan Susu Wedang Ronde Mbok NeAncuk Serabi Bandung HNH Kebayoran Martabak Kubang Es Kolang Kaling Pelangi Es Pallubutung Ourora Sop Durian Lodaya Putu Bambu Medan Es Cendol Minang.

Dari beberapa menu di atas saya sudah penah mencoba nya sebagian, Dan kali ini saya ingin mencoba yang lain, tapi karena penuh nya para pengunjung yang datang saya hanya mencoba beberapa masakan khas saja.