[Event] Baidu Garap Start Up Company Indonesia

Setelah saya amati sejak awal tahun 2015 perkembangan start up company atau perusahaan yang baru saja akan memulai sebuah usaha di Indonesia sedang mendapatkan banyak perhatian dari berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah.

Salah satu nya adalah Baidu. Perusahaan IT terbesar di Tiongkok melirik start up company Indonesia untuk dikembangkan. Saya berkesempatan untuk menghadiri acara yang bertajuk "Grow Local, Go Global"  Rabu lalu (23/09) di hotel Pullman Jakarta.

Dalam cara ini Baidu memperkenalkan dan menjabarkan tentang Program Pengembangan Ekonomi dan Ekosistem Berbasis Internet di Indonesia. Program ini diharapkan dapat membantu Pengembangan industri kreatif digital di Indonesia. Dengan bekerjasama dengan Kementerian Kominfo dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) program ini akan dibagi dua fokus program Grow Local dan Program Go Global.


Program Grow Lokal, Baidu akan berfokus untuk mendukung startup khusus nya dalam pengembang aplikasi lokal. Tidak heran yang datang banyak sekali pelaku usaha di dunia dan industri digital.

Nah sedangkan untuk program Go Global berfokus untuk membawa dan memperkenalkan karya digital para start up company ini ke pasar global, khususnya Tiongkok (China).

Dalam penjelasan nya Baidu sduah mempersiapkan dana sebesar  1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14,4 miliar untuk melaksanakan kedua program ini. Dana ini akan di fokuskan untuk  investasi marketing, teknologi serta infrastruktur kerja bagi startup di tiga kota besar yaitu Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

So jadi japan kita mau mulai sebagai start up entrepreneur? paling sulit ya saat kita memulai...