[Health] Jangan Makan Makanan Ini Setelah Minum Obat..!!

[photo by weteachme.com]

Seperti kita ketahui bersama, bahwa tidak dianjurkan untuk meminum susu setelah mengkonsumsi obat-obatan. Alasannya, karena senyawa dalam susu akan melunturkan khasiat obat. Selain susu, ternyata ada beberapa makanan yang juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berbarengan dengan obat-obatan.


Obat yang dimaksud antara lain obat penghilang sakit dan antasida. Kesalahan mencampur makanan dengan obat-obatan akan mempengaruhi tubuh dengan tiga cara, bisa meningkatkan manfaat obat atau justru malah memblokir efektivitas obat.

Kombinasi yang salah, bisa mengganggu obat yang dicerna, menghambat penguraian obat, sampai meniru cara kerja obat. Berikut adalah jenis makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi berbarengan dengan obat. Grapefruit Grapefruit adalah salah satu jenis jeruk dengan daging buah yang berwarna merah.

Grapefruit tidak dianjurkan disantap bersamaan dengan obat, karena akan menghambat pemecahan obat dan menyebabkan kerusakan usus. Namun, tidak semua obat punya efek yang sama. Beberapa obat yang harus dihindari adalah obat antikolesterol, antidepresan, obat migraine, pengencer darah, obat tekanan darah dan obat diabetes.

Sayuran berdaun hijau gelap Ternyata, sayuran berdaun hijau gelap menjadi salah satu yang juga tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan. Hal tersebut karena sayuran berdaun hijau gelap mengandung banyak vitamin K. Problemnya, vitamin K bisa menyebabkan gangguan dengan obat pengencer darah.

Sayuran berdaun hijau gelap dan obat memiliki daya kerja yang berlawanan. Obat pengencer berfungsi untuk mengencerkan darah dari penggumpalan, sementara vitamin K kebalikannya yaitu menyebabkan darah mengental.

Produk olahan susu atau suplemen kalsium Produk olahan susu seperti keju atau yoghurt, akan menghambat penyerapan obat antibiotik dan suplemen zat besi. Jadi hindari mengkonsumsinya bersama-sama. Kandungan kalsium dalam produk olahan susu atau dairy product, tidak dianjurkan dikonsumsi berdekatan dengan obat antasida yang juga mengandung kalsium. Mengkonsumsinya bersamaan, akan menyebabkan kelebihan kalsium dalam tubuh. (sumber: http://mensjourneyid.com)