[Food& Resto] Nikmatnya Suasana Jakarta Jaman Dulu di Ragusa Es Italia


Jakarta - Salah satu monumen kuliner yang wajib di kunjungi di Jakarta yang dikenal sebagai monumen dan legenda adalah Ragusa Es Italia. Ya, sebuah resto yang sudah melegenda khusus nya penggemar es krim. Bayangkan sejak tahun 1932 sudah beroperasi. 


Nih yang ngamen enak lagu lawas nya
Ragusa Es Italia terletak di Jalan Veteran I Nomor 20 Jakarta. Hari Jumat dua minggu lalu saat menuju acara Jazz Kota Tua saya sempatkan mampir ke tempat ini. Ragusa adalah nama sebuah distrik di Italia. Konon di zaman penjajahan, beberapa orang dari Itali datang ke Indonesia.

Suasana di jalan veteran dekat Resto Babah
Salah satu keunggulan es krim di sini tidak menggunakan bahan pengawet. Pilihan menunya sangat beragam, ada Banana Split, Special Mix, Spaghetti Ice Cream, Cassata Siciliana, Tutti Frutti, Chocolate Sundae, Lemon Ice, Cola Float, dan Nougat. Saya pun mencoba menu yang Spaghetti Ice Cream dan emang enak banget rasanya, soft dan ga bikin bleneg.

Spaghetti Ice Cream
Salah satu menu favorit adalah Banana Split yang disajikan dalam mangkuk khusus; sangat menarik dan menggoda. Satu porsinya dihargai kalo ga salah sekitar Rp 30.000an . Hal menarik lainnya adalah interior ruangan yang dijaga agar tetap terkesan kuno. Kondisi bangunan dijaga mirip suasana ”tempoe doeloe”, hanya ada kipas angin sebagai sirkulasi udara.

Suasana Resto
Sebelah Ragusa banyak resto-resto atau cafe yang menarik untuk disinggahi untuk santai sambil ngopi-ngopi....kesana lagi ah