[Traveling] Menjelajah Kemegahan Dubai Part 3 : Burj Khalifa

Salah satu bangunan ajaib di Dibai adalah Burj Khalifa. Sekarang, spot ini menjadi menara tertinggi di dunia yang dibangun oleh arsitek luar biasa. Bagaimana tidak? Membangun sebuah menara di tengah padang pasir tentu bukan pekerjaan mudah karena tiupan angin bisa jadi penghalang.

Ceritanya dulu, menara ini bernama Burj of Dubai, yang kemudian direnovasi oleh Sheik Khalifa bin Zayed Al Nahayan. Desainer Giorgio Armani dipercaya sebagai tim disainnya. Biaya yang dihabiskan dalam pembangunan Menara Khalifa ini sekitar 15 trilyun rupiah. Burj Khalifa diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010. Salah satu fitur terhebat dari Burj of Khalifa adalah fitur lift angkutnya. Burj of Khalifa memiliki lift dengan kecepatan 60 km/jam. Dengan kecepatan itu, dibutuhkan waktu 50 detik saat meluncur dari bawah ke atas.

Trus mau makan disini perlu reservasi jauh sebelum kedatangan dan itu pun belum tentu dapat tempat karena yang reservasi harus memang benar-benar VVIP.

Kemegahan dan kehebatan gedung Burj Khalifa ternyata mengundang perhatian penulis skenario dan sutradara film "Mission Impossible—Ghost Protocol". Kekaguman dan kedahsyatan Burj Khalifa diselipkan dalm adegan Tom Cruise yang berakrobatik dan beraksi melompati gedung Burj Khalifa, tanpa pemeran pengganti! Bayangkan, dari ketinggian 828 meter ia harus melakukan adegan jungkir balik di dinding gedung jangkung tersebut.





Untuk naik ke puncak menara seakan kita sedang memandang view dari ‘panggung’ tertinggi dunia. Spot ini pun didesain sebagai highlight dan paling banyak dikunjungi di Dubai. Perjalanan akan dimulai dari lantai bawah, yaitu Dubai Mall kemudian travelers akan melanjutkan ‘perjalanan’ ke puncak sambil dihibur oleh presentasi multi-media eksotik tentang sejarah Dubai dan, tentu saja, Burj Khalifa.




Nah sekitar nya Burj Khalifa ini banyak juga tempat wisata yang bisa dilihat, salah satu nya adalah Dubai Fountain alias air mancur Dubai yang bisa menari seirara dengan musik yang dilantunkan nya. Ada juga Souk Al Arab dan Mall of Dubai yang bisa dikdatangi sekitar Burj Khalifa itu. Buat yang suka fotografi saya sarankan bawa tripod dan berbagai lensa yang diperlukan sehingga saat malam hari lo bisa puas cari gambar2 yang keren apa lagi dengan teknik long exposure.