Internal Marketing Challenge 2013

PT Bahana TCW Investment Management bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) dan Prasetiya Mulya Business School menyelenggarakan “Internal Marketing Challenge (IMC) 2013”, ajang kompetisi untuk menjaring ide-ide kreatif maupun terobosan di bidang pemasaran. Kompetisi ini dimulai pada 23September 2013 sedangkan Babak Final dilaksanakan pada 16 November 2013.

Direktur Bahana TCW Investment Management Rukmi Proborini mengatakan, latar belakang penyelanggaraan IMC 2013 adalah untuk mendapatkan ide-ide segar yang bisa menjadi solusi pemasaran bagi produk Reksa Dana Kehati Lestari, reksa danaataugreen fund pertama di Indonesia yang dibuat untuk mendukung pelestarian lingkungan. “Kompetisi ini sekaligus menjadi bagian dari re-branding produk Reksa Dana Kehati Lestari.



Edward Lubis Dirut Bahana TCW


Kami berharap kompetisi ini bisa menelurkan solusi maupun ide-ide baru yang berguna bagi kegiatan pemasaran Reksa Dana Kehati Lestari,” ujarnya. Rukmi melanjutkan, kompetisi ini cukup unik karena melibatkan tiga entitas berbeda, yaitu Bahana TCW sebagai sebuah perusahaan pengelola investasi, kemudian Yayasan Kehati sebagai lembaga nirlaba yang fokus dalam pelestarian sumberdaya hayati, serta Prasetiya Mulya sebagai institusi pendidikan. Finance and Administration Director Yayasan KEHATI Indra Gunawan Dian Putra mengatakan, pihaknya mengapresiasi diselenggarakannya kompetisi Internal Marketing Challenge 2013. “Melihat sasaran lomba ini, yaitu para mahasiswa pascasarjana Prasetiya Mulya, kami optimistis ide-ide generasi muda ini dapat mengangkat Reksa Dana Kehati Lestari.

Para Finalis

Hal ini penting dilakukan mengingat Reksa Dana Kehati Lestari yang sudah dikembangkan oleh Yayasan KEHATI dan Bahana TCW sejak tahun 2008 merupakan bentuk investasi yang unik. Mereka yang berinvestasi di Reksa Dana Kehati Lestari tidak hanya mendapatkan keuntungan dari investasinya tetapi juga menjadi bagian integral dari perbaikan lingkungan,” tuturnya. IMC 2013 diikuti oleh 17 tim mahasiswa pascasarjana Prasetiya Mulya. Dalam kompetisi tersebut, tiap tim peserta diasumsikan sebagai marketing manager yang bertanggung jawab atas pemasaran produk Reksa Dana Kehati Lestari.



Tiap tim mendapat tantangan untuk mengidentifikasi pasar sekaligus membuat marketing plan untuk penjualan produk tersebut dengan tetap mencakup kaidah-kaidah pemasaran. Peserta juga harus menampilkan detail program pemasaran dalam satu tahun beserta estimasi anggaran untuk menjalankan program tersebut. Reksa Dana Kehati Lestari merupakan reksa dana dengan konsep endowment fund yang dikelola Bahana TCW Investment Management. Reksa dana ini bertujuan menggalang dukungan finansial untuk mendukung program-program keanekaragaman hayati yang dijalankan Yayasan KEHATI.