Penganugerahan Cerpen Terbaik KOMPAS 2011

Favorit gw nih Showimah and Sujiwotejo



Bersama teman-teman Koin Sastra


Bersama @coretanunyil, Mba Yully dan Mas Yanusa Nugroho Penerima Penghargaan Kesetiaan Berkarya 2011



18 Finalis Cerpen Terbaik


Kemarin (28/06) gw sempat menghadiri undangan Bli Putu Fajar Archana Editor Kompas Minggu untuk hadir di acara Penganugerahan Cerpen Terbaik KOMPAS 2011 di Bentara Budaya Jakarta. Sejak gw mengikuti program Koin Sastra yang diselenggarakan oleh komunitas sastra di twitter, gw jadi suka dengan kegiatan2 yang berkaitan dengan seni dan bertemu dengan orang-orang jenius dan punya perspektif lain tentang kehidupan yang mendedikasikan hidup nya untuk sastra. Buat gw mereka ini adaah orang2 yang memiliki kelebhan kemampuan menterjemahkan kondisi sosial masyarakat dari masalah percintaan, kemanusiaan, ketidakadilan, dll kedalam bentuk tulisan dan kata2 yang penuh arti.

Bli Chan panggilan akrab Bli Putu Fajar Archana, setiap hari KOMPAS menerima 8-10 cerpen atau 3600 an cerpen per tahun nya. Dari seleksi yang dilakukan oleh kompas dari cerpen yang terkumpul selama 2010, terdapat 18 cerpenis yang masuk menjadi finalis dan keluar sebagai juara adalah Cerpen Dodolitdodolitdodlibret karya Seno Gumira Ajidarma. Nominasi lain nya : Agus Noor, Indra Tranggono, Nukila Amal, Budi Darma, Adek Alwi, Martin Aleida, Aba Mardjani, Gde Aryantha Soetama, (Alm)Ratna Indraswari Ibrahim, S Prastyo Utomo, Timbul Nadeak, Herman RN, Ni Komang Ariani, dan cerpenis termuda Cicilia Oday.

Acara dibuka dengan pameran lukisan dan seni gambar oleh beberapa seniman trus ada pementasan Teater Garasi yang mementaskan tentang isi cerpen Dodolitdodolitdodlibret dan ditutup oleh pementasan favorit gw di acara ini adalah pementasa Dewa Budjana, Sujiwo Tedjo seniman gokil dan sinden hip hop Showimah (nge fans gw sama dia nih hehe)...mereka ini kombinasi yang sangat menarik untuk pementasan musik yang disertai guyonan lucu khas jawa. Acara yang sayang untuk dilewatkan dan sangat mengibur.

Selamat HUT KOMPAS ke 46...semoga KOMPAS terus menjadi media yang ikut terus menciptakan optimisme dikalangan masyarakat yang semakin sakit ini...selamat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar