Ujung Kulon Trip 2011: Pulau Handeleum


Nah akhirnya gw dan rombongan sampai ke Pulau Handeleum dikawasan Ujung Kulon juga jarang dr Ciputih sekitar 1,5 jam an lah....pulau ini semacam pulau konservasi untuk penelitian flora fauna karena ada kantor konservasinya.



Menurut Wikipedia Indonesia Pulau Handeuleum merupakan pulau terbesar di antara gugusan pulau-pulau karang di teluk Selamat Datang Banten di sebelah timur laut semenanjung Ujung Kulon. Pulau Handeuleum bersama Pulau Peucang dan Pulau Panaitan termasuk dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon.Daya tarik nya : Di pulau ini dipenuhi oleh hutan bakau dan aneka hewan liar, seperti Badak, Buaya Mutiara, Ular Sanca, Ular Cincin Emas, dan aneka satwa liar lainnya.

Juga memiliki pasir pantai yang tak kalah bersih dengan pulau-pulau lainnya.Karena Pulau Handeuleum memiliki karang yang banyak dan akar pohon bakau, tidak memungkinkan bagi Anda untuk melakukan snorkeling.Pulau Handeuleum memiliki sungai Cigenter, untuk menimati pesona alam yang asri dengan menelusuri sungai ini, dapat menggunakan perahu kecil. Walau tersedia penginapan yang mampu menampung hingga 12 orang namun jika menginginkan petualangan, pulau inipun bisa digunakan untuk camping atau berkemah.


Handeuleum nama lainya adalah Daun Wungu atau nama latinnya Graptophylum pictum Griff. Tanaman ini termasuk familia Acanthaceae. Dapat ditemui tumbuh liar di dataran rendah atau sebagai tanaman hias. Tanaman ini mengandung : zat tanin, alkaloid, sitosterol glikosida

Rusa Pulau Handeleum, Ujung Kulon