Yuk Usir Stress di Taman Langsat

Apa lo bosan dan stress dengan kesemrawutan Jakarta? Ga ada salah nya lo sekali-kali bangun pagi pada saat weekend dan ajak keluarga  or pasangan  atau lo sendiri sama temen-temen untuk datang ke taman yang enak banget untuk dikunjungi yaitu Taman Langsat di dekat Barito, Jakarta Selatan. Saat itu gw datang memenuhi undangan salah satu sahabat yang tergabung pada komunitas yoga, yang sedang melakukan kegiatan pengenalan yoga ditaman itu....awal nya gw sendiri agak bingung kalo ada taman yang sangat asri di kawasan itu dan setelah gw tanya- tanya ternyata tidak semua orang mengetahui keberadaan taman-taman itu.

Di deket Taman Langsat ada juga Taman Ayodya yang berada di antara Jalan Barito, Mahakam, dan Melawai, sekitar 1 kilometer sebelum kawasan Blok M, kurang terdengar gaung namanya meskipun sering dilewati. Terlebih Taman Langsat yang berada di balik deretan kios penjual burung, ikan hias, dan tanaman di kawasan Barito yang berhadapan dengan Rumah Sakit Pusat Pertamina.


Katanya ada 350 taman di Jakarta, tetapi ga banyak yang sadar akan keberadaannya. Orang Jakarta kebanyakan lebih terbiasa main atau janjian bertemu teman, keluarga, dan relasi bisnis di mal. Jika suatu saat ada taman tergusur atau dialihfungsikan, jangan heran jika tidak ada reaksi keras dari masyarakat. Sayang banget ya orang Jakarta tidak menyadari keberadaannya dan tidak ada rasa memiliki taman-taman itu.

Yoga bersama di taman Langsat

Banyak nya keterbatasan baik untuk akses hingga pungutan liar ratusan ribu rupiah tanpa kejelasan penggunaan semakin menjauhkan taman dari masyarakat. Pengelolaan taman yang ga profesional sehingga banyak taman kota cenderung kotor dan dialih fungsikan. Tanaman dan jalur pejalan kaki juga tak terurus, penerangan kurang, dan banyak dihuni tunawiswa.


"You Are Entering a Stress Free Zone"

Banyak sebenar nya kegiatan lingkungan yang dapat dilakukan di tempat ini. Dan banyak sekali flora/tanaman yang bisa dikembang biakan di taman-taman kota ini. Di Taman Langsat, saat gw berkeliling, gw liat banyak baju-baju dijemur di hamparan rumput. Banyak sampah daun bertebaran atau teronggok di sudut-sudut taman. Sungai kecil yang mengaliri taman dan kolam-kolam di sekitarnya juga keruh. Keindahan bunga teratai yang bermekaran di kolam nyaris tertutup kondisi taman yang tak terawat itu.

Warga jualan sayur organik

Moga-moga Pemda DKI Jakarta yang punya Gubernur baru ini bisa memliki konsep yang lebih jitu untuk merubah masyarakat yang pro mall menjadi pro kepada taman kota....semoga!