[Food & Resto] Lontong Kupang Kekayaan Kuliner Surabaya


Surabaya adalah salah satu kota yang memiliki kekayaan kuliner yang terkenal baik secara nasional maupun internasional. Menu-menu kebanggaan khas Jawa Timur seperti rawon, rujak cingur, tahu tek, lontong balap, sate klopo, nasi bebek, nasi goreng jancuk, soto lamongan, dan pecel semanggi ini semua adalah kulinr kekayaan Surabaya.

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk berkunjung singkat ke Surabaya, dan kawan saya merekomendasikan untuk mencoba yang nama nya “Lontong Kupang”. Sebuah resep kuliner khas Jawa Timur yang wajib katanya untuk dicoba.

Kupang disini bukanlah nama dari daerah di NTT. Kupang  disini adalah sebutan untuk kerang laut jenis tiram yang ukuran nya kecil, dengan warna tubuh cokelat agak pucat. Kerang ini biasa disebut kerang putih atau corbula faba (latin) ini biasanya dapat ditemukan dipinggir pantai atau lumpur air asin.

Saya pun akhir nya menuruti saran kawan saya dan mencobanya di resto d’Kampoeng dikawasan Surabaya Town Square (Sutos).
D’Kampoeng SUTOS adalah salah satu food court dengan tema makanan Indonesia yang cukup populer di Surabaya




Kupang lontong sendiri adalah menu kuliner asal kota Surabaya terutama didaerah pesisir pantai kupang lontong termasuk termasuk ke dalam kategori makanan laut atau seafood. Bahan utama makanan ini adalah lontong dan kupang yang direbus.

Saat saya pesan, si mba pedagang lontong kupan pun dengan sigap menyiapkan pesanan saya. Kupang lontong disajikan dengan diberi potongan-potongan lontong kurang lebih ada 5 potong lontong yang disajikan, lalu disiram kuah yang sudah tersedia, tidak lupa disiram kupangnya, ditambah petis serta lentho (semacam gorengan terbuat dari serutan singkong dan kelapa) ada juga taoge dan kacang tholo sebagai pelengkap menjadikan Kupang Lontong mempunyai cita rasa yang unik. Satu porsi lontong kupang harganya tidak lebih dari Rp 35,000

Setelah makan, kawan saya pun mengingatkan jikan makan lontong kupang ini perut harus dalam kondisi yang prima dan sehabis makan ini disarankan untuk meminum es degan (es kelapa muda) untuk mengindari hal-hal yang mengganggu pencernaan.

Buat saya Lontong Kupang asiiikkk dan enak.....rekomen!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar