Bandara Halim Mulai Layani Penerbangan Komersial

Illustrasi
Rencana pemerintah yang akan memindahkan sebagian rute penerbangan ke Bandara Halim Perdanakusuma seperti akan segera terlaksana. Jadi buat yang tinggal di Jakarta Timur yang mau pergi ke beberapa kota akan lebih dekat. Seperti diketahui Bandara Halim ini adalah bandara dengan peruntukan khusus penerbangan kenegaraan dan kemiliteran. Seperti yang di kutip dari tempo.co bandara Halim akan melayani penerbangan komersial tujuan domestik mulai Jumat, 10 Januari 2014. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi beban di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang jumlah penumpangnya sudah melebihi kapasitas.
Dari Bandara Halim, Citilink telah menjadwalkan empat rute tujuan domestik penerbangan pulang-pergi (PP). Rute tersebut yakni Halim-Yogyakarta (PP), Halim-Semarang (PP), Halim-Malang (PP), dan Halim-Palembang (PP). Citilink akan menggunakan pesawat jenis Airbus A320 untuk memberikan layanan kepada penumpang yang berangkat dari Halim.

Setelah Citilink, pada Februari mendatang Garuda Indonesia serta Indonesia AirAsia pada Maret juga akan memindahkan sebagian penerbangannya ke Bandara Halim. Penerbangan Garuda melayani rute-rute Halim-Surabaya (PP), Halim-Semarang (PP), Halim-Palembang (PP), Halim-Yogyakarta (PP), dan Halim-Pontianak (PP). Adapun Indonesia AirAsia akan melayani rute Halim-Yogyakarta (PP), Halim-Medan (PP), dan Halim-Surabaya (PP).

Meskipun akan resmi melayani penerbangan komersia tujuan domestik mulai besok, Bandara Halim juga masih melayani penerbangan militer dan VIP. Untuk itu, ada beberapa hal yang telah disepakati Kementerian Perhubungan, PT Angkasa Pura II, dan TNI AU, terutama soal penundaan penerbangan.

Yang saya khawatirkan adalah kapasitas jalan yang menuju Bandara Halin sangat terbatas, kalo dalam kondisi yang sangat ramai mungkin akan terjadi antrian yang panjang....tapi kita lihat saja nanti pelaksanaan nya.