[TRAVELING] Serunya Jalan-Jalan di Pasar Sukawati



What is the first thing came into your head when come to Bali? Food? Beach? Traditional market? the view....? beberapa waktu lalu saya melakukan perjalanan dadakan ke Bali, ingin cari suasana lain, Jakarta sudah terlalu crowded baik buat fisik maupun mental saya (agak lebay dikit)....Perjalanan saya ke Bali sama gunakan penerbangan malam, kenapa? karena saya tidak mau menganggu jam kantor dan yang terpenting adalah pesawat malam itu keren banget dan nyaman khsus nya jika anda menggunakan Garuda (bukan iklan ya) karena pesawatnya adalah jenis airbus yang melayani penerbangan luar negeri.



Kali ini perjalanan saya ke Bali bersama orang tua adalah keliling Bali dengan kendaraan dan melakukan perjalanan ke salah satu pasar tradisional terbesar di Bali yaitu Pasar Sukawati. Sebelum mengunjungi pasar ini, saya pertama kali melakukan kunjungan ke tol Bali yang baru hehe keren juga (suer baru pertama kali saya melalui tol ini) Tol Bali Mandara.




Wisatawan baik domestik maupun internasional pasti tahu dan sudah pernah ke sana. Pasar ini adalah pusat oleh-oleh yang berada di Kabupaten Gianyar. Pasar ini terletak 20 km dari kota Denpasar ya kurang lebih sekitar 30 menit dari Denpasar.



Pasar Sukawati ini adalah "surga"nya jika ingin membeli oleh-oleh khas Bali yang murah dalam bentuk apapun. Ada yang jual kaos, kain, gantungan kunci, ukiran, lukisan, pigura dan sebagainya. Kalo mau kesini mendingan pagi deh jangan siang pasti akan panas sekali. Nah untuk yang suka buah salak, ini tempat nya kalau mau belu buah salak. Namanya salah "Gula Pasir", ini salah super enak banget, walau kecil tapi rasa nya sangat bikin ketagihan, tidak terlalu manis dan tidak terlalu asam, tapi enak sekali. Harga nya Rp 25,000 per kg, anda bisa minta untuk di bungkus untuk di bawa sebagai oleh-oleh. Jika anda beli di denpasar harga nya sudah Rp 50,000 per kg. Selain salak ada juga oleh-oleh makanan lain nya seperti kacang matahari, pie susu, wine salak dan aneka cemilan lain nya. Ingat jika belanja disini harus pintar-pintar menawar ya...




Salak Gula Pasir
Salak ini termasuk salah satu kultivar salak bali. Rasa buahnya sangat manis sehingga diibaratkan dengan rasa gula pasir. Ukuran buahnya tergolong kecil. Setiap satu kilogramnya kira-kira berisi 18 buah. Buahnya berbentuk bulat telur terbalik mengarah ke bentuk lonjong. Kulit bijinya bersisik kecil dan berwarna cokelat kehitaman. Daging buahnya berwarna putih, cukup tebal, kandungan airnya sedikit; dan rasanya sangat manis. Istimewanya, sejak masih muda salak ini sudah terasa manis. Seperti jenis salak bali pada umumnya, aroma salak ini tidak wangi meskipun buah sudah matang. Bijinya kecil-kecil, biasanya berjumlah 1-2 per buah. Jenis ini sudah termasuk langka.