[FOOD] Belajar Bikin Kimchi di Korea

Perjalanan di Korea tidak akan lengkap jika kita tidak mengenai dia hal yaitu Kimchi dan Ginseng. Dua hal ini adalah ciri khas dari Korea yang tidak bisa dipisahkan atau di claim oleh siapa pun. Kimchi adaah menu makanan wajib untuk orang Korea, sedangkan ginseng adalah komoditas utama Korea yang wajib dilindung ketat oleh pemerintah. Tidak ada satu pun benih ginseng asli yang bisa di bawa keluar dari Korea. dan Semua perkebunan ginseng di Korea dilindungin pemerintah dengan ketat.





Disini saya dan rombongan berkesempatan untuk belajar membuat Kimchi di sebuah desa yang memang kerap menjadi tempat para wisatawan belajar membuat Kimchi. Disini kita akan di temani oleh para pengajar untuk membuat Kimchi. Saat kita datang bahan utama Kimchi sudah disiapkan untuk di olah. Disampingnya juga sudah disiapkan bumbu yang sudah siap di campur dengan bahan dasar yaitu kubis. Selain itu kita diwajibkan menggunakan clemek dan sarung tangan plastik untuk kebersihan nya.



Setelah semua siap, instruktur sudah memberikan aba-aba cara bagaimana mengoleskan bumbu kimchi ke dalam kubis yang sudah disiapkan terebut. Harus sehelai demi sehelai dilakukan pemolesan bumbu kimchi tersebut sehingga rata. Oh...yaa bahkan di pesawat pun (Korea Airlines) kita di sajikan Kimchi juga hahaha....



Katanya jenis Kimchi ada bemacam-macam. Jenis Kimchi sekitar 6 jenis, yaitu Baechu Kimchi dari sawi, Dongchimi atau Kimchi lobak dengan kuah, Chonggak Kimchi berasal dari lobak kecil, Pa Kimchi dari daun bawang, Gat Kimchi dari sawi hijau yang bernama Gat, dan Sseumbagwi Kimchi dari akar sayur Sseumbagwi yang berasa pahit sekali. Selain itu ada bermacam-macam jenis Kimchi di masing-masing daerah.

Jadi Kimchi dipercaya banyak membantu orang korea untuk memiliki ketahanan tubuh yang bagus dan tidak gampang sakit. memang dipercaya oleh mereka semakin sering makan kimchi maka mereka semakin kuta daya tahan tubuh nya...mari kita bikin kimchi


Hasil bikin kimchi