[EVENT] MutuManikam Nusantara 2014

Pameran Mutumanikam Nusantara Indonesia ke-IX Tahun 2014 menampilkan berbagai perhiasan tradisional Indonesia. "Tema kali ini adalah Indahnya Desain Perhiasan Tradisional Indonesia," kata Ketua Pengurus Mutumanikam Nusantara Indonesia, Herawati Hasan Wirajuda di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, selain koleksi batu alam yang beragam, Indonesia juga memiliki jumlah perajin perhiasan batu yang cukup banyak sekitar 6.000 orang. Acara ini bertujuan untuk melestarikan warisan desain perhiasan tradisional Indonesia yang sangat indah dan potensial," katanya.

Dalam pameran Mutumanikam Nusantara ditampilkan koleksi perhiasan mutumanikam seperti gelang, cincin, kalung, anting-anting, bros dan perhiasan lainnya. Satu andalan yang dipamerkan dalam acara itu adalah koleksi mutiara berkualitas tinggi yang dibuat para perajin Indonesia dengan disain yang sangat menarik.

Indonesia memiliki kekayaan melimpah ruah akan batu mulia serta mutiara yang lokasi budidayanya antara lain di Malukudan Lombok. Batu mulia dan mutiara yang telah menjadi produk perhiasan mutumanikam ini sudah diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, Jenewa, Milan dan Zurich. Perhiasan mutumanikam berkualitas tinggi ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Indonesia. Acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 20 hingga 23 November 2014 di Balai Kartini Jakarta.