[Hobbies] Maraknya Bisnis Jam Bekas Tangan Vintage di Instagram

Jakarta – Sekarang lagi maraknya bisnis jam tangan bekas vintage di instagram. Jika di lihat para pelaku bisnis jual jam vintage ini pada umumnya nya menjual hanya beberapa merk saja, antara lain : Casio G-shock, Casio, Seiko, Citizen, Alba, dan beberapa merk yang aneh-aneh bahkan ada dr India dan Rusia.

Panda Jajan kali ini akan mengulas singkat fenomena booming nya maraknya bisnis jam tangan bekas vintage di instagram  Sepanjang pengamatan Panda Jajan, jam yang keren-keren tapi jadul ini rata-rata dibawah tahu 2000, bahkan ada yang dari tahun 1960an. Makin tua dan jarang namun terawat makin mahal barang itu di tawarkan. Dan kebanyakan adalah jam jepang yang memang dulu pernah hits di era nya.

Panda Jajan pun ikut ketularan ikutan sukan “Jajan” jam sekarang hahaha….sebelum nya saya menggunakan jam protrek yang saya beli di Jepang pd tahun 2012 lalu. Pertama kali saya “jatuh cinta” dengan casio G Shock ya dengan jenis protrek ini. Dan ternyata Protrek yang jadul banyak yang keren-keren model nya. Ada lagi casio yang model diver, ini juga banyak yang keren mode nya.


Alba Diver (foto dr akun instragram)
Rata-rata penikmat jam seperti saya ini suka dengan jam jepang yang memiliki “good looking” dan model yang tangguh dan laki banget. Diameter besel tengah jam nya, paling pas yang besar-besar. Kalo kecil kayanya aneh akan di tangan. Ehm berhubungan tangan saya juga besar sih hehehe….

Seiko Scuba (foto dr akun @g.a.r.a.s.i)
Untuk harga juga relative, paling murang yang pernah saya tau adalah Rp400 ribu dan itupun kondisi 60% lah. Dan yang termahal bahkan pernah di atas Rp 2 juta dengan konfidi yang 85% masih bagus. Saya prediksi sih keuntugan nya pun lumayan bisa 50% bahkan ada yang lebih 100% keuntungan per item Beberapa akun instagram kolektor dan penjual jam vintage keren yang mungkin bisa di pantau adalah

@g.a.r.a.s.i
@fa.tony
@wongkyshop
@mamang_jam
@idealistproject

Siapa yang tidak tergoda? kalo ga, masa kecil nya kurang bahagia haha

Dan masih banyak lagi. Menurut gw sih fenomena ini hampir seperti fenomena booming batu akik yang sudah hilang lagi sekarang. Tp buat gw jam vintage akan abadi buat para penggemar jam.



Gw mau cerita sedikit tentang perkembangan sejarah beberapa jam yang lagi hits sekarang :

Seiko
Perjalanan Seiko dimulai dari seorang bernama Kintaro Hattori Yang membuka toko perhiasan di Ginza, Tokyo, pada tahu 1881. Seiring berjalan waktu, pada 1892 Hattori mulai memasarkan jam dinding buatannya dengan nama Seikosha. Nama Seiko sendiri, dalam bahasa Jepang, mempunyai arti “sukses” atau “indah”.Jam tangan mekanikal pertama yang diproduksi Seiko adalah Laurel, yang diproduksi pada tahun 1924. Seiko pun terus memperbanyak inovasinya. Seiko membuat jam tangan bermesin quartz pertama didunia bernama Astron. Seiko juga menjadi salah satu pelopor jam tangan chronograph pertama didunia dan membuat jam tangan chronograph pertama yang bisa dibawa keluar angkasa

Casio
Jam tangan atau arloji Casio merupakan salah satu merk jam yang sangat terkenal baik di Indonesia maupun dunia. Sejarah mencatat sejak 1957 Casio adalah brand atau merek yang dikenal lewat produk kalkulator-nya. Tahun 1974 brand tersebut meluncurkan arloji pertamanya Casiotron. Tahun 1982 merek yang sama merilis jam tangan kombinasi digital – analog. Dan tahun 1983 Casio memperkenalkan jam tangan tahan guncangan Casio G-Shock. Jam tangan Casio terkenal karena kualitasnya bagus, tangguh dan harganya terjangkau. Daya tahannya yang kuat membuat jam merek tersebut cocok untuk menemani olahraga out door, berpetualang di alam, mendaki gunung, dll. Tersedia dalam format digital maupun analog, arloji Casio biasanya sudah water resistant dan memiliki banyak fungsi.

Citizen
Merek jam tangan Citizen mulai eksis tahun 1924 di Tokyo, Jepang. Saat ini, Citizen merupakan salah satu produsen jam terbesar dunia. Beberapa dekade terakhir, Citizen meluncurkan berbagai inovasi dengan teknologi eco-drive menjadi salah satu ikon mereka. Teknologi eco-drive membuat jam tangan Citizen tidak memerlukan baterai dan tidak perlu rutin diputar seperti layaknya jam tangan kinetik.