Pasar Khas Bulan Ramadhan Populer di Indonesia yang Asik Dikunjungi



Berbagai kota besar di Indonesia punya spot pasar Ramadhan menarik. Di pasar ini disediakan berbagai menu takjil dan khas masing-masing daerah menggugah selera. Dimana saja ya lokasinya?


Pasar Ramadhan tak ubahnya pasar kaget yang hanya hadir selama bulan suci. Biasanya pasar ini berlokasi di depan masjid besar atau di suatu kawasan yang memungkinkan berbagai penjual makanan kumpul. Di Indonesia, hampir tiap daerah memiliki pasar Ramadhan. Berikut pasar Ramadhan menarik dari berbagia kota besar di Indonesia, seperti dikutip dari Indo Indians (7/5).



Banda Aceh
Dimulai dari Banda Aceh, kota di ujung utara Pulau Sumatera ini terkenal lekat dengan ajaran Islam sehingga nuansa Ramadhan terasa begitu kental. Biasanya setelah Ashar, pasar Ramadhan di Banda Aceh mulai bergeliat. Beberapa lokasi yang populer adalah Jalan Lampisang, Simpang Lima, Darussalam, dan Pasar Aceh dekat Masjid Raya Baiturrahman. Untuk camilan, kamu bisa mencoba menu khas Aceh seperti mi caluk, kue boi, meuseukat halua breuh, timpan, dan rujak Aceh.


Padang
Berburu menu takjil enak di Padang juga mudah. Di ibu kota Sumatera Barat ini ada beberapa titik pasar Ramadhan yang dikenal bernama Pasar Pabukoan. Salah satu yang populer ada di Pasar Bandar Buat di Jalan Raya Indarung. Buka puasa dijamin nikmat dengan suguhan lamang tapai, bubur kampiun, rendang, dan lopis sarabi.





Medan
Medan identik sebagai kota dengan banyak kuliner enak. Menu takjil khas Medan sangat banyak, termasuk Bubur Sop Kesultanan Deli. Bubur ini merupakan menu iftar di Istana Maimun sejak tahun 1909. Kalau mau coba bubur sop untuk buka puasa, mampirlah ke Masjid Raya Al-Mahsun di Jalan Sisingamangaraja. Lokasi pasar Ramadhan lain di Medan ada di Medan Johor.


Jakarta
Kalau di Jakarta, pasar Ramadhan ternama ada di Bendungan Hilir alias Benhil. Selama bertahun-tahun, Pasar Ramadhan Benhil melayani ribuan pengunjung. Mereka berburu kolak, es buah, bubur sumsum, hingga jajanan 'berat seperti pempek dan batagor. Selain di Benhil, pasar Ramadhan terkenal di Jakarta ada di kawasan Sunda Kelapa, Kramat Raya, dan kawasan Gandaria di Jakarta Selatan.


Bandung
Selama Ramadhan, Lapangan Gasibu dan Gedung Sate akan berubah jadi pusat kuliner alias pasar Ramadhan. Pengunjung dijamin puas berburu jajanan khas Bandung untuk buka puasa seperti cireng dan batagor. Menu lainnya adalah kolak dan bubur sumsum. Berburu jajanan di sini dilakukan banyak orang sebagai kegiatan ngabuburit atau menunggu magrib tiba.





Yogyakarta
Kalau kamu pergi ke Yogyakarta di bulan puasa, mampirlah ke Kampung Kauman untuk melihat pasar Ramadhan yang ramai. Kawasan ini juga dikenal sebagai pemukiman Muslim di Yogyakarta. Menunya tentu istimewa berupa menu khas Yogyakarta seperti kicak, kipo, dan botok.


Surabaya
Yang juga sayang dilewatkan adalah pasar Ramadhan di Surabaya. Lokasinya ada di Pasar Blauran dan Pasar Atom. Tersedia ragam jajan pasar Jawa sebagai menu takjil seperti klepon, lupis, putu, gethuk, dan ketan hitam. Menu lainnya yang juga enak adalah bubur Madura, kue lumpur, dan bongko menthuk.



Banjarmasin
Pasar Ramadhan di Banjarmasin dikenal dengan nama Pasar Wadai. Lokasinya berpindah-pindah seperti tahun ini ada di Taman Kamboja. Pasar Ramadhan yang dikelola pemerintah daerah setempat ini menghadirkan ratusan penjaja kuliner. Menunya khas Kalimantan Selatan seperti bingka kentang, amparan tatak, tapai, bubur sumsum, dan banyak lainnya. Oh ya, di sini juga menjual makanan Timur Tengah seperti roti maryam, nasi kebuli, dan kari kambing.



Makassar
Ibu kota Sulawesi Selatan ini punya ikon wisata terkenal, Pantai Losari. Selama Ramadhan, pantai ini akan disulap jadi pasar Ramadhan dengan berbagai menu takjil. Yang wajib dicoba adalah es palu butung, pisang epe, jalangkote, dan barongko. Mampir ke Pantai Losari juga bisa menunggu magrib dengan melihat pemandangan indah matahari terbenam di pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar