3 Negara akan Menjadi Tujuan Wisata Petualangan IIOUTFEST 2019


PERJALANAN  wisata petualangan di Indonesia sudah sangat panjang. Salah satu tonggak yang mencatat perkembangan hobi dan industri kegiatan alam bebas ini adalah penyelenggaraan Outdoor Festival (Outfest) 2015 di Gelora Bung Karno Jakarta. Pameran out-door pertama itu sangat diminati dan tercatat dihadiri 50 ribu peserta hingga memacetkan kawasan Senayan.


Sukses penyelenggaraan pertama diikuti pameran serupa di tahun-tahun berikutnya. Pada 2016, nama Outfest bertransformasi menjadi Indonesia International Outdoor Festival (IIOutfest). Penyelenggaraannya tidak hanya dilakukan di Jakarta, tetapi juga Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Tahun ini, IIOutfest akan kembali menggebrak Jakarta. Para pecinta kegiatan alam bebas ber-siap-siaplah datang ke IIOutfest 2019 yang akan dilaksanakan 1-4 Agustus di Wisma Aldiron, Gatot Subroto, Jakarta.

Pameran itu bukan hanya ajang berburu barang dan jasa, tetapi juga menjadi tempat untuk ber-tukar pengalaman, memperluas wawasan dan jaringan. Berbagai komunitas, asosiasi, dan tokoh-tokoh kegiatan alam bebas akan berbagi ilmu, baik dalam talkshow, seminar, mau pun dalam perbincangan santai.

“Tahun ini, IIOutfest 2019 akan tampil berbeda dengan penekanan pada edukasi dan coaching clinic melalui seminar dan talkshow yang akan menghadirkan pembicara-pembicara expert di berbagai bidang kegiatan alam bebas,” papar Ronie Ibrahim, founder Indonesia International Outdoor Festival (IIOutfest). 

Tampil Lebih Serius

IIOutfest) 2019 bukan hanya menampilkan pemain dalam negeri, tetapi juga diikuti be-berapa negara yang menjadi tujuan adventure seperti Sarawak, Malaysia, Nepal dan Selandia Baru.

Tahun ini IIOutfest menurut TJ Anggara selaku CEO/founder IIOutfest tampil lebih serius dan lengkap dalam upaya mengembangkan industri petualangan, terutama di tanah air. Bukan hanya sekadar menggelar produk-produk perlengkapan dan peralatan petualangan, tetapi juga menampilkan berbagai produk jasa, kegiatan, edukasi, dan hiburan.

Aneka permainan adventure yang jumlahnya lebih dari 20 spot bisa dinikmati seluruh pengunjung. Mulai dari motor adventure, panjat dinding, boulder, archery, stand up paddle, kayak, lempar pisau, lempar kapak hingga ground handling menerbangkan gantole dan paralayang.
Tersedia pula berbagai area permainan yang dapat diikuti oleh anak anak dengan bimbingan orangtua. Seluruh permainan dilengkapi dengan sarana safety dan trainer yang memiliki sertifikasi keahlian dibidang masing masing.

Edukasi

Panggung edukasi IIOUTFEST 2019 menurut Anggara akan menghadirkan berbagai  tokoh dari industri adventure dengan berbagai bidang petualangan. Tema tema menarik disodorkan, di antaranya safety first on adventure atau seven summit yang akan membawa seluruh pengunjung untuk memahami lebih banyak hal sebelum melakukan kegiatan adventure.

Selain itu, perjalanan adventure baik dalam negeri maupun lintas Negara dikemas da-lam berbagai tema talkshow dan sharing menarik. “Hingga hari ini kami selalu concern dengan edukasi. Semakin berkembanganya industri pertualangan harusnya semakin banyak pihak yang turun untuk memberikan edukasi kepada para newbie atau mileni-al baru yang menekuni dunia petualangan,” katanya.

Konten edukasi yang lebih serius dikemas dalam aneka seminar dan workshop na-sional yang akan menghadirkan pembicara baik nasional maupun international. Para pecinta motor touring akan disuguhi workshop motor adventure yang menghadirkan keynote di antaranya Jefri Polnaja solo rider yang mengelingi dunia dengan menggunakan motor, atau Stepen Langitan yang melakukan perjalanan solo rider dari Jakarta menuju London untuk memperkenalkan Indonesia.

“Sebagai bintang tamu kami menghadirkan Alex Cachon solo rider yang mengelilingi dunia dengan motor. Untuk pecinta fotografi alam liar kami menghadirkan  Rizal Mar-lon, dan beberapa tokoh nasional yang memiliki pengalaman fotografi alam liar yang akan memberikan edukasi secara pengalaman dan tehnikal,” terang Anggara.

Dunia adventure, papar Anggara, secara industri memiliki cakupan yang besar baik dari sisi hobi, wisata, maupun bisnis. Hal yang terberat dalam pelaksanaan IIOutfest 2019 adalah mengkolaborasikan seluruh stakeholder untuk bersama-sama peduli ter-hadap industri adventure serta mau turun memberi edukasi.

“Dalam beberapa kesempatan kami selalu menyampaikan bahwa IIOutfest 2019 ada-lah sebuah festival yang di dalamnya hadir berbagai program acara pendukung, bukan hanya sekedar bazaar produk yang memberi diskon besar besar untuk meraih pengunjung. Konsep festival yang kami lakukan akan selalu berfokus kepada edukasi dibidang adventure, yang dari tahun ke tahun kami persiapkan dengan lebih serius,” tukasnya.

Outdoorgear & Hiburan

Selain edukasi, selama empat tahun pelaksanaan IIOutfest, pengunjung selalu me-nanti even outdoorgear market yang menghadirkan aneka produk produk perlengka-pan adventure baik, darat, laut, udara. Aneka produk baik lokal maupun impor dihadir-kan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung akan perlengkapan adventure berkualitas.

“Yang selalu menjadi pertanyaan apakah banyak diskon produk? Tahun ini kami bekerjasama dengan Bank BCA untuk memberikan aneka penawaran menarik terkait aneka produk adventure.,” ujar Anggara.

Dari sisi hiburan tidak lengkap rasanya apabila dalam festival tidak hadir kuliner dan musik. IIOutfest  menghadirkan aneka street food festival dengan berbagai menu menarik untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Selain itu, ada pula program Musik Camp yang akan menjadi sarana gathering dari berbagai komunitas, seperti komunitas motor, pendaki gunung, sepeda, dan se-bagainya. Music Camp akan diramaikan beberapa musisi antara lain Danilla, Nugie, dan Budi Cilok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar