Kepala Manyung Bu Fat di Cipete Raya


Kepala Manyung Bu Fat sebuah legenda kuliner nusantara khususnya dari Semarang. Sekarang kuliner ini hadir di kawasan Cipete Raya, Jakarta Selatan. Sebenernya di Jakarta kedai ini sudah ada di kawasan Cempaka Putih. 



Kepala Manyung itu apa? Kepala Manyung itu adalah kepala ikan jambal. Dan ukuran nya besar. Teksturnya pun ga kalan enak dengan kepala ikan kakap. Hanya saja kepala manyung ini diolah dengan ala "smoke" atau asap, yang kemudian ditambah dengan olahan kuah santan yang lumayan pedas dan gurih. Kepala Manyung ini olahan nya hampir sama dengan olahan mangut ikan pari.



Konsep resto Kepala Manyung  Bu Fat ini sederhana, dan layaknya kedai jawa pada umunya. Saat masuk pintu depan kita akan disambut dengan pilihan makanan prasmanan. Pilihan pertama emang pilihan kepala ikan manyung, dan kita harus milih ukuran nya dan tingkat kepedasanya. 


Bisa kebayangkan makan nya barenh nasi pulan dan hangat trus minum nya yang dingin...haha



Ingat yah, untuk level pedasnya, untuk yang normal pedas nya udah pedas, buat yang suka pedas bisa minta yang pedas. Karena Restoran ini menggunakan sistem prasmanan setelah menentukan kepala manyung, kita bebas mengambil lauk yang kami mau. Ini seperti makan di ala nasil jambal Cirebonan. Abis ambil nasi putih yang pulen dan hangat bisa diambil sepuasnya makanan pendampingnya yang ga kalah enak nya, ada pare, udang, ayam goreng, kikil, dll. 



Untuk harga kepala manyung ini ditentukan oleh ukuran, untuk besar sekitar Rp 200,000 an, sedang Rp 160,000 sedangkan kecil Rp 120,000an. Saran gw kalo kesini jangan kalap ya makan nya. Kedai ini sangat rekomen banget deh buat di coba.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar