Gunung Kidul Trip - Jalur Menuju Pantai Ngobaran

Setelah melakukan kunjungan ke pabrik gaplek untuk melihat proses pembuatan gaplek milik salah satu pemuda desa Ngawen ini, kita rombongan menuju ke salah satu tempat wisata namanya Pantai Ngobaran....hhmmm gw blum pernah demger ini obyek wisata ini...penasaran gw jadinya...katanya pantai ini adalah persinggahan terakhir Raja Brawijaya V setelah melarikan diri dr kejaran tentara Demak.

Dari posisi Desa Ngawen, perjalanan menuju pantai ini ditempuh dengan waktu 1-2 jam...lumayan jauh yah...Jalanan nya cukup sempit untuk dilalui dua arah kendaraan roda empat...selama perjalanan, terhampar luas perkebunan palawija dan hutan jati atau tanaman keras lain nya...krn sepanjang perjalanan gw liat banyak terhampar batu-batu karang dan cadas yang gw rasa akan sulit ditanami....makanya mereka pilih tanaman itu....

Selain itu juga terlihat pipa besar sepanjang kurang lebih 10-15 km panjang nya....gw sempet bingung apa ini pipa pembuangan atau pipa penyaluran air bersih....ternyata ini adalah pipa air bersih yang diambil dari mata air disekitar pantai...wahh makin penasaran gw...dari penasaran terus, dan perjalanan masih jauh...akhrnya gw tidur dulu du mobil sepanjang perjalanan hehe...

Dikutip dari www.gunungkidul.com, ini rute nya kalo mau menuju kesana :

Dari kota Yogyakarta se(kitar 65 km) Telusuri jalan Yogyakarta-Wonosari (sepanjang perjalanan akan ditemukan titik-titik yang menjadi ciri khas Gunungkidul) Piyungan --> jalan mulai menanjak dan berkelak kelok --> Tikungan Bokong Semar --> Hargodumilah --> Patuk --> Tikungan Irung Petruk (sekarang ada jembatan yang memotong tikungan ini) --> Sambi pitu --> Hutan Tleseh --> Lapangan Udara Gading --> Pertigaan Gading ke Kanan (arah Playen Paliyan --> Dari kecamatan Paliyan terus ke arah selatan menuju Trowono --> --> PUSIKLAT TNI AD -->hutan SODONG (jalannya menanjak dan berkeloko-kelok).Di daerah Sodong masih bisa ditemui kera yang bersembunyi di gua-gua di hutan Sodong.

Sebelum masuk TROWONO akan melewati telaga Namberan (berfungsi sebagai cadangan air masyarakat sekitar) --> Pasar Trowono ambil arah ke selatan melewati jalan beraspal yang agak sempit ,berkelok-kelok --> kelurahan Kanigoro Saptosari.Di kanan kiri jalan ditemui pipa-pipa air minum yang dialirkan ke masyarakat dari sumber air di NGobaran --> Pertigaan (ke kiri Pantai Ngrenehan, ke kanan Pantai Ngobaran).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar